JepretPotret
JepretPotret Menjepret Memotret

Konten Foto dan Artikel ini dibuat oleh satu orang saja lho...

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

[Video] Bola Di-Iya-kan

1 Juli 2018   14:59 Diperbarui: 10 September 2018   15:32 1083 1 0

Foto: JepretPotret

Seandainya bola di-Iya-kan... 

Apa maksudnya? Iya itu apa? Kok bola di-Iya-kan? Gak ngerti...!

Seandainya bola diberikan pada seseorang bernama Iya Traore...

Oh... Dari nama belakangnya sih sepertinya sih familiar. Nama pemain sepakbola. Tapi kok gak kenal sama nama Iya. 

Oh ternyata, Iya Traore yang kelahiran 1986 ini awalnya tinggal Guinea Afrika. Lalu tertarik pada sepakbola, semenjak kepulangan ayahnya dari Eropa pada tahun 1998. Kemudian tahun 2000, Iya mendarat di Paris Prancis mengikuti ayahnya yang seorang merchant karya seni khas Afrika. 

Impiannya sebagai pesepakbola profesional dimulai dengan bergabung ke beberapa klub di Paris seperti ESP, Paris FC, hingga klub elit tajir Prancis bernama Paris Saint Germain (PSG). Namun karena aktivitas Iya yang disambi dengan membantu pekerjaan ayahnya, maka PSG memutuskan tidak melanjutkam kebersamaannya. 

Namun Iya tetap tak meninggalkan aktivitas sepakbolanya. Dimanapun dan kapanpun, Iya dengan style-nya yang orisinal, terus berlatih sepakbola gaya bebas yang sangat menarik perhatian publik. Iya kini lebih aktif dikenal sebagai seorang football freestyler. 

Atraksi bola Iya ini telah mendunia, berbanding terbalik prestasinya saat sebagai pemain sepakbola profesional di level klub. Telah tiga kali nama Iya tercatat dalam Guiness World Record. Bahkan Iya tampil bersama Shakira dalam La La La Music Video untuk promosi Piala Dunia 2014 Brasil. 

Sejak 8 Juni 2018 lalu, Iya telah mendemonstrasikan kepiawaiannya di hadapan publik pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran Jakarta Pusat. Betapa beruntung dapat menyaksikan aktraksi Iya pada 19 Juni lalu di booth SuperSoccer di Arena PRJ. 

Aksi paling menawan Iya adalah saat juggling bola di atas ketinggian, dimana kedua tangannya berpegangan pada tiang tersebut. Tinggi badan Iya terbilang sama dengan rata-rata tinggi badan anak muda Indonesia. 

Melihat kompetisi liga sepakbola nasional hingga saat ini, cuma bikin pusing tujuh keliling. Apalagi jika klub juara liga mewakili tampil dalam Liga Champions Asia maupun Piala AFC, dipastikan memble gawangnya jadi lumbung gol lawan. 

Daripada memusingkan prestasi sepakbola nasional yang tak tahu kapan akan pentas ke Piala Dunia, lebih baik anak muda Indonesia dapat fokus pada football freestyler. Kemungkinannya akan ada banyak anak muda yang bakal memiliki prestasi internasional secara individual.  

Diiyakan saja, pastinya suatu saat akan iya...!