Mr ade
Mr ade

Berbagi itu indah

Selanjutnya

Tutup

Video

5 Manfaat Mainan Edukasi Bagi Anak, Orang Tua Harus Tahu

3 Agustus 2018   21:40 Diperbarui: 3 Agustus 2018   22:05 114 0 0


Di zaman modern saat ini, sebagian besar anak-anak menggunakan gadget sebagai mainannya. Untuk itu, sangat penting bagi orangtua untuk tetap menyediakan mainan edukatif berbentuk fisik bagi anak. Boleh saja bermain gadget, asal ada aturannya. Perbanyak waktu anak untuk bermain di luar bersama teman-temannya, beraktivitas di lingkungan terbuka, atau jika di rumah orangtua bisa menyiapkan beberapa mainan. Misalnya mainan masak-masakan, alat musik, buku, dan mainan edukasi lainnya.

APA SAJA MANFAAT MAINAN YANG MENDIDIK?

  1. Melatih konsentrasi. Mainan anak edukatif dirancang untuk menggali kepintaran si Kecil, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun puzzle misalnya, si Kecil dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya. Si Kecil tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.
  2. Melatih kemampuan motorik. Mainan anak edukatif akan merangsang motorik halus dan kasar si Kecil. Motorik halus diperoleh ketika si Kecil menjumput mainan, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.
  3. Mengenalkan konsep sebab akibat. Contohnya, dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar, si Kecil akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat mendasar.
  4. Melatih bahasa dan wawasan. Mainan anak edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat si Kecil, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya.
  5. Mengenalkan warna dan bentuk. Dengan mainan anak edukatif, si Kecil dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, persegi empat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya.

Demikianlah manfaat mainan edukatif yang diungkapkan oleh salah satu pakar Psikologi Perkembangan Anak . Untuk itu alangkah baiknya jika orang tua membelikan mainan yang bersifat edukatif untuk si Kecil.


Sumber Video : Kinar's Journey