Tamita Wibisono
Tamita Wibisono ibu rumah tangga multi talenta

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Warga Kota Madiun Antusias Menunggu Jokowi Melintas

4 Januari 2019   22:31 Diperbarui: 7 Januari 2019   12:00 1227 14 7

Selepas Magrib sepanjang Jalan Trunojoyo  Kota Madiun ramai dipenuhi warga, tak terkecuali saya. Kabar Jokowi akan melintas setelah melakukan kunjungan ke Tulungagung santer beredar dari mulut ke mulut. Tanpa komando, sebagian warga kota madiun memenuhi ruas jalan sedari sore. 

Tampak diantaranya pagar betis pramuka dari siswa SD N Nambangan dan SD Pandean lengkap membawa bendera merah putih berukuran kecil dipegang di tangan. 

Lebih dari 1 jam lamanya warga menunggu saat dimana Presiden RI Joko Widodo melintas beserta rombongan.  Tua muda hingga anak balita turut serta berjejal di bahu jalan. Sedari jam 5 sore aparat gabungan TNI-Polri mengatur arus lalu lintas di sekitar kawasan pasar Sleko menuju arah Magetan.  

Jalur ini tergolong jalur padat yang mengubungkan lintas Kabupaten Magetan- Kota Madiun -Kabupaten Madiun- Kabupaten Ponorogo. Cuaca cerah seoalh mendukung warga kota Madiun untuk menanti Jokowi melintas di Kota Pendekar ini.

Kumandang azan maghrib sempat membuat sebagian warga sejenak kembali ke rumah masing-masing yang tak jauh dari kawasan jalan Trunojoyo. Sesaat setelahnya kembali warga berduyun-duyun sekedar ingin melihat dari dekat Presiden kita Joko Widodo. 

Mereka yang membawa serta anak-anak hingga cucunya rela untuk duduk di aspal, Ini sebuah bentuk betapa rakyat mencintai Jokowi. Kehadirannya meski hanya sekedar melintas, begitu dinanti. Bahkan hingga duduk-duduk di aspal jalan pun rela mereka lakoni.

warga menungu Jokowi Lewat, santai duduk di aspal bahu jalan. dok pri
warga menungu Jokowi Lewat, santai duduk di aspal bahu jalan. dok pri

dok.pri
dok.pri

Sungguh, ini bukan sebuah pengerahan massa. Mereka yang menunggu lewatnya Jokowi tampil apa adanya. Ibu-ibu artau yang dalam sebutan milenial disebut emak-emakpun begitu "guyub" bergerombol menunggu Lewatnya Jokowi. Seolah tak sabar, mereka terus bertanya pada petugas yang lalu lalang. 

"sudah sampai mana pak Jokowi?"

Dan mendengar jawaban aparat kepolisian bahwa Jokowi beserta rombongan masih singgah untuk melaksanakan shalat Maghrib di Ponorogo pun begitu dipahami. Sehingga sebagian warga Kota Madiun tetap berdiri, sebagian duduk-duduk menanti. Ketika lalu lintas kendaraan di ruas Jalan Kapuas yang tepat berada di simpang tiga Jalan Trunojoyo mulai dihentikan, warga mulai sumringah. Tanda-tanda Jokowi semakin dekat begitu katanya.

Lebih dari sekali kendaraan aparat "menyapu" arus lalu lintas kawasan Jalan Trunojoyo. Memastikan jalan tersebut steril dilintasi Presiden beserta rombongan. Pelajar Sekolah dasar berseragam Pramuka semakin greget saja dengan menggerakkan bendera merah putih kecil ditangan kekanan dan kekiri. Dari kejauhan tampak lampu sirine kendaraan, dan wargapun terkesiap sembari riuh berujar dalam bahasa lokal

"kae lho..kae lho wis tekan Demangan" *)

Masing-masing mengarahkan pandangan ke arah datangnya rombongan dari Ponorogo. Tak sekedar melongokkan kepala, ada yang berjinjit pula. Tak lupa kamera ponsel siap sedia. Satu dua kendaraan patwal melintas...ratusan pasang mata warga Madiun mencari dimana sosok Jokwi.

Hingga akhirnya saat mobil berplat merah dengan bendera merah putih bertengger di kap depan mobil hitam itu melintas sekelebat. Kanan kirinya, depan belakanya kawalan aparat berkendara roda dua mengiringi. 

Tentu ini bukan mimpi, lepas Maghrib tadi, Jokowi Melintas sebagian ruas Jalan kota Madiun. Kaca Mobil bagiain belakang yang dinaikinya sengaja dibuka. Baju putih dan peci tampak dari kejauhan dikenakan Jokowi dalam perjalanan ke Kawasan Landasan Udara TNI AU Maospati Kabupaten Magetan. 

"Jokowi lewat..Jokowi lewat" demikian suara warga terdengar 

dari dalam mobil yang melaju kencang, Jokowi membaikan tangan dengan senyum yang mengembang.

Dan malam ini Jokowi melanjutkan perjalanan dari Lanud AU Maospati ke Semarang. Selamat melanjutkan kerja Pak Jokowi.tahun 2019-2024 Presiden RI tetap Jokowi

Tentu Warga Kota Madiun dan sekitarnya menanti hadirnya Pak Jokowi kembali kesini. Sehingga Kota Madiun tidak hanya sekedar dilewati.


######

*) Itu lho..itu lho sudah sampai Demangan (nama sebuah kawasan) tak jauh dari Jl Trunojoyo