Andreas Anggit
Andreas Anggit Freelancer

Ig: @andreasanggitw

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Inilah Tahapan untuk Menjadi Imam Gereja Katolik

8 November 2019   13:13 Diperbarui: 8 November 2019   13:32 35 2 0


Hai sobat muda. Kalian tahu pastor, kan? Nah, kalian tentu penasaran tentang pendidikan calon imam. Kuy, kita lihat bersama pendidikan calon imam diosesan.

Tahap 1
Untuk menjadi calon imam diosesan, pertama kalian harus masuk seminari menengah. Seminari menengah itu menerima lulusan SMP dan juga SMA. Kalau kamu lulusan SMP, kamu akan menempuh pendidikan selama 4 tahun, 3 tahun SMA dan setahun pendidikan khusus. Nah, kalau kamu lulusan SMA, kamu akan berproses selama setahun atau dua tahun di seminari.



Tahap 2
Tahap kedua yang harus kamu lalui ialah pendidikan rohani di Tahun Orientasi Rohani. Di TOR, kalian akan menempa hidup rohani kurang lebih setahun.

Tahap 3
Tahap ketiga ialah masuk seminari tinggi. Di sini, kalian akan menempuh kuliah filsafat dan teologi sembari terus berproses untuk menempa diri. Kalian akan mencapai gelar S1 pada periode pertama.

Tahap 4
Tahap berikutnya ialah Tahun Orientasi Pastoral. Pada tahap ini, kalian akan diutus ke keuskupan kalian untuk belajar berpastoral selama kurang lebih setahun.

Tahap 5
Nah, tahap selanjutnya ialah studi post S1 atau S2. Pada tahap ini kalian kembali lagi ke seminari tinggi. Masa ini berjalan kurang lebih 2 tahun hingga kalian lulus dari seminari tinggi.

Tahap 6
Pendidikan Pastoral atau pra Diakon adalah tahap berikutnya. Pada masa ini, kalian ditugaskan di sebuah paroki tertentu. Masa ini merupakan masa menjelang tahbisan diakonat. Di sini, kalian harus memantapkan diri dan juga panggilan.

Tahap 7
Tahbisan diakonat adalah titik awal masa ini. Melalui tahbisan, kalian diangkat menjadi Diakon. Masa diakonat berlangsung kurang lebih 6 bulan.

Tahap 8
Tahap ini adalah tahap terakhir. Kalian yang oleh uskup telah dianggap layak untuk menjadi imam akan menerima tahbisan presbiterat. Kalian menjadi imam keuskupan berkat sakramen tahbisan presbiterat.

Itulah langkah-langkah yang kalian tempuh untuk menjadi imam diosesan. Semoga tulisan ini menjawab kekepoan kalian ya, he-he-he.

Salam.