Budiono
Budiono Bankir

Temukan tulisan saya lainnya di https://www.budionojournal.com/

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Menjelajah Kota Daegu di Korea Selatan

1 Agustus 2020   15:42 Diperbarui: 2 Agustus 2020   16:12 64 12 1

Begitu mendengar nama kota Daegu, mungkin Anda akan langsung mengaitkannya dengan coronavirus outbreak yang terjadi beberapa bulan silam di Korea. Kota ini memang tidak begitu populer di telinga masyarakat Indonesia. 

Demikian pula dengan saya yang baru mengenal kota ini beberapa minggu sebelum saya berlibur ke Korea. Saya pun menyelipkan kota ini untuk disinggahi karena ada teman saya yang menimba ilmu di sana.

Meskipun tidak seterkenal Seoul atau Busan, Daegu merupakan salah satu kota metropolitan yang penting di Korea. Kota ini pun menjadi pusat industri. Jangan heran kalau di sini kita bisa bertemu tenaga kerja dari Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

Daegu memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Jika sebelumnya saya telah bercerita tentang perjalanan saya di Gunung Palgongsan dan Kuil Donghwasa, serta Kim Kwang-Seok Street, sekarang saya ingin mengenali sisi bersejarah dan sisi modern dari kota Daegu.

Modern Culture Road yang berada di tengah kota Daegu merupakan tempat yang pas untuk mencari tahu tentang sejarah kota Daegu. Di sini ada banyak bangunan bersejarah yang menyimpan cerita masa silam. Ada bangunan yang bercorak tradisional Korea, ada pula bangunan yang memiliki sentuhan barat. 

Salah satu tempat bernuansa tradisional Korea di Daegu (Dokumentasi Pribadi)
Salah satu tempat bernuansa tradisional Korea di Daegu (Dokumentasi Pribadi)

Untuk merasakan suasana kota Daegu yang modern dengan hiruk-pikuk kesehariannya, saya meluncur ke area Downtown Daegu. Di sini banyak sekali toko dan pusat perbelanjaan, serta lalu-lalang masyarakat yang beraktivitas. Yang unik, di sini ada sebuah kafe yang menawarkan pengalaman menikmati makanan dan minuman dengan rakun atau yang dikenal sebagai Racoon Cafe.

Daegu juga kerap menjadi lokasi syuting drama Korea. Kebetulan sekali saya pun berkesempatan melihat langsung proses syuting sebuah drama yang dibintangi aktor kawakan Korea, Lee Seung Gi. Sebuah kebetulan yang awalnya saya kira adalah kecelakaan betulan. Namun, ternyata aksi mobil terbalik itu hanyalah sebuah adegan drama aksi berjudul Vagabond.

Saksikan video perjalanan saya selengkapnya di kota Daegu. Semoga bisa menjadi inspirasi destinasi wisata di Korea setelah pandemi usai. Annyeong!