Chairudin Lukman
Chairudin Lukman Freelancer

Penikmat Pilem | Pecinta Buku | Pengagum Keindahan Alam | Pemburu Makanan | Penulis Blog | Penjelajah Alam | Pemuja Sang Pencipta. My Social Media : - Instagram : https://www.instagram.com/chai_loekman - Youtube : https://www.youtube.com/chailoekman - Blog : https://www.chai-capcay.com - Twitter : https://www.twitter.com/chailoekman

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Makanan Halal di Mui Ne Vietnam

16 September 2019   14:00 Diperbarui: 24 September 2019   05:35 176 5 2

Youtube/Chai Loekman
Youtube/Chai Loekman

Mencari makanan halal di negara yang penduduknya mayoritas non-muslim itu susah-susah gampang. Seperti perjalanan saya lebaran idul fitri tahun ini (2019) ke Vietnam. Ada, tapi tidak banyak.

Apalagi benar-benar yang ada label halalnya. Saya cuma ketemu Rumah Makan India yang menunya kebanyakan campuran kari. Sedangkan untuk mencari makanan melayu tidak ketemu.

Untuk menyiasatinya, saya mencari makanan vegan atau vegetarian yang lumayan banyak keberadaannya di Vietnam. Tapi kita harus hati-hati juga yah, saya ketemu Rumah Makan Vegan atau vegetarian tapi menjual daging babi di menunya.

Bukan hanya itu saja, saya ketemu juga rumah makan yang ada label halalnya pun menjual minuman yang mengandung alkohol atau bir. Duh.

Makanan vegan atau vegetarian di Kota Mui Ne (Vietnam) cocok sekali dengan lidah saya. Jadi, saya sudah nyaman aja untuk makanan di Vietnam. Dan kalau kita makan di rumah makan sana dapat welcome drink bisa berupa air putih atau teh tawar.

Awalnya saya bingung, ketika lagi menunggu pesanan makanan saya datang tiba-tiba pelayannya kasih minuman yang berwarna kuning. Mana mukanya lempeng aja gitu dan tidak mengerti bahasa Inggris. Saya tunjuk ke gelas minuman yang dia kasih, terus dijawabnya "tea", kirain saya dikasih bir.

Sepertinya, warga Vietnam itu suka sekali dengan sayur-sayur mentah atau lalapan. Bayangkan saja, saya pesan menunya aja sudah nasi goreng campur dengan sayur-sayuran, ditambah lagi dikasih lalapan sama mereka.

Bukan saya aja, teman saya yang pesan makanan berkuah aja dikasih juga satu piring lalapan sebagai tambahannya.

Jadi buat kamu traveler muslim, kalau kamu mau makan terus tidak ketemu rumah makan yang ada label halalnya. Alternatifnya yah ke rumah makan vegan atau vegetarian, dan dicek juga menunya kalau mereka tidak menjual daging dalam bentuk apapun.

Sempat sih saya pesan salah satu menu makanannya terus kayak dikasih sosis gitu, saya makan seperti tepung tapi tidak berasa daging. Nggak tahu itu apa, mungkin itu daging buatan mereka.

Berikut vlog saya tentang makanan halal di Mui Ne, Vietnam.

Sumber: https://www.chai-capcay.com/2019/08/makanan-halal-di-mui-ne-vietnam.html