Johan Kusmanto
Johan Kusmanto profesional

North Point, Hong Kong

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Beginilah Orang Hongkong Merayakan Malam Tahun Baru Imlek

5 Februari 2019   09:14 Diperbarui: 5 Februari 2019   21:21 141 3 2

dokpri
dokpri
Di berbagai negara banyak orang Tionghoa merayakan tahun baru Imlek, sebuah perayaan yang dilakukan sebagaimana tahun baru pada umumnya. Dalam perhitungan kelendar Tiongkok, tahun ini memasuki tahun Babi.

Ada berbagai kebiasaan yang dilakukan di tiap tempat. Ada yang mengadakan pertunjukkan Barongsai atau menampilkan budaya Tiongkok. Masyarakat di Hongkong pun memiliki kebiasaan khusus dalam merayakan malam tahun baru.

Di samping berkumpul dengan keluarga untuk makan bersama, biasanya mereka juga mengunjungi tempat-tempat tertentu yang sudah disediakan dengan berbagai pameran atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan pasar malamnya. 

Berbagai produk dijual di pasar malam atau tempat pameran ini, mulai dari berbagai jenis bunga, termasuk bunga anggrek, maupun juga makan kecil siap saji sampai kepada mainan yang menarik untuk anak-anak seperti balon, topi dan lain sebagainya. Biasanya pasar malam ini dimulai beberapa hari sebelum tahun baru Imlek hingga kepada malam tahun baru

Kemeriahan seperti ini mewarnai kehidupan orang Hongkong di tengah negara yang dikenal orangnya sibuk dan cenderung workoholic. Kebiasaan seperti ini dilakukan setiap memasuki Chinesse New Year untuk menunjukkan sukacita bersama dengan keluarga

Untuk melihat video tentang bagaimana orang Hong Kong merayakan tahun baru, silahkan ikuti di video ini