Isson Khairul
Isson Khairul Jurnalis

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://wm.ucweb.com/dashboard/article Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul dan https://plus.google.com/+issonkhairul/posts serta https://twitter.com/issonisson Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Aksi Angpao Ridwan Kamil-Bima Arya di Cap Go Meh Bogor

12 Februari 2020   11:25 Diperbarui: 12 Februari 2020   11:46 29 0 0

Cap Go Meh Bogor 2020, dari panggung utama. Foto: isson khairul
Cap Go Meh Bogor 2020, dari panggung utama. Foto: isson khairul

Cap Go Meh Bogor 2020 memang keren. Ada 40 tim Barongsai dan 16 tim Liong yang berparade. Masing-masing tim hadir dengan kekhasan yang mengesankan. Ribuan warga memadati Jalan Surya Kencana, yang menjadi pusat parade Cap Go Meh Bogor 2020. Ini memang event tahunan Kota Bogor, yang dari tahun ke tahun semakin semarak. Semakin diminati warga di seputaran Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, hadir bersama istri, Atalia. Mereka didampingi Bima Arya selaku Wali Kota Bogor, yang juga hadir bersama istri, Yane. Kedua pasang tokoh tersebut membagi-bagikan angpao, dari panggung utama Cap Go Meh Bogor 2020. Kepada siapa? Ya, kepada tim Barongsai dan kepada tim Liong, yang menggelar atraksi di depan panggung utama.  Aksi bagi-bagi angpao tersebut, tentu saja menjadi magnet tersendiri, bagi warga yang hadir.

Saya menjadi salah seorang dari ribuan warga, yang memadati seputar panggung utama itu. Dari video yang saya tampilkan ini, kita bisa mencermati, bagaimana Ridwan Kamil dan Bima Arya berinteraksi. Mereka berdialog dengan intens. Mereka mencermati dengan saksama, tiap kali tim Barongsai dan tim Liong menggelar atraksi. Intensitas interaksi Ridwan Kamil dan Bima Arya, tentulah sama-sama disaksikan publik, sebagai bagian dari kerukunan untuk memajukan Kota Bogor dan Jawa Barat.

Yang tak kalah menariknya adalah interaksi Atalia dan Yane. Mereka saling berbisik, saling tertawa, juga sama-sama terpukau menyaksikan atraksi tim Barongsai dan tim Liong. Sebagai Ibu Jawa Barat dan Ibu Kota Bogor, keduanya menunjukkan kerukunan yang mengesankan. Puluhan tangan warga tak henti-hentinya membidikkan ponsel mereka ke arah panggung utama. Antusias warga tersebut, tentulah menjadi penanda baik bagi kemajuan Kota Bogor dan Jawa Barat.

Tahun 2020 ini adalah kali kedua Ridwan Kamil menghadiri Cap Go Meh Bogor. Ia terkesan dan terkesima menyaksikan kebersamaan Pemda Kota Bogor dengan warganya. Ridwan Kamil secara spontan mengucurkan angpao Rp 30 miliar ke Bima Arya selaku Wali Kota Bogor. Tujuannya adalah agar di tahun depan, Cap Go Meh Bogor dibuat lebih semarak. Bukan hanya secara content event, tapi juga secara area pelaksanaan, agar warga yang hadir lebih nyaman.

Dukungan angpao Rp 30 miliar dari Pemprov Jawa Barat tersebut juga ditujukan, agar Cap Go Meh Bogor mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Dengan demikian, dampak ekonomi dari event ini bisa lebih dirasakan oleh para pelaku ekonomi di Kota Bogor. Kita tahu, event wisata seperti Cap Go Meh Bogor ini adalah momentum penting bagi sebuah wilayah, untuk meningkatkan putaran ekonomi di wilayah yang bersangkutan.