Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Jurnalis

IG : yuniarto_hendy

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Kisah Gubernur yang Menciptakan Ayam Kung Pao

18 Juni 2020   08:27 Diperbarui: 23 Juni 2020   17:44 137 20 3


dokpri
dokpri
Salah satu kuliner provinsi Sichuan yang menarik untuk diulas sejarahnya adalah Ayam Kung Pao (Kung Pao Chicken, bahasa Mandarin: Gong Bao Ji Ding). Kuliner berkarakter rasa manis, asam, dan pedas khas Sichuan ini diciptakan oleh Ding Baozhen yang hidup pada tahun 1820-1886. Ia adalah seorang gubernur provinsi Sichuan pada masa Dinasti Qing.  

Ding Baozhen sangat tertarik kuliner dari ayam dan rasa pedas Sichuan. Kemudian dia menciptakan masakaan yang terbuat dari dada ayam yang diiris dadu, ditambah cabai merah kering yang dihaluskan, dan kacang sangrai. Maka jadilah hidangan yang saya santap di video ini dengan nama  Gong Bao Ji Ding atau ayam Kung Pao. 

Sajian ini pada awalnya adalah masakan rumah pribadi keluarga Ding, tetapi seiring waktu berlalu hidangan ini menjadi semakin terkenal. Pada suatu ketika seseorang mengunjungi rumahnya, Ding Baozhen mulai menyajikan hidangan ini kepada tamunya. Sang tamu menyukai rasa hidangan ini. Sejak itulah Ding Baozhen seringkali menyajikannya kepada tamunya sendiri.  

Kepopuleran hidangan ini cepat menyebar di provinsi Sichuan dan kemudian hidangan ini dinamai untuk menghormati Ding Baozhen, sang penemu hidangan. Jadi kata Gong Bao atau Kung Pao sebenarnya adalah gelar resmi Ding Baozhen. Dia adalah gubernur Sichuan selama 10 tahun; dia berkontribusi banyak kepada penduduk setempat. 

Pemerintah dinasti Qing memberinya gelar resmi Gong Bao yang diterjemahkan menjadi "seorang perwira yang melindungi putra mahkota." atau versi yang lain berarti "sang penjaga istana". Kontribusinya kepada orang-orang di Sichuan membuatnya mendapatkan nama yang sama untuk hidangan spesial ini. 

Selama Revolusi Kebudayaan (1966 -- 1976), nama hidangan ini dipermasalahkan secara politis karena namanya yang berbaru imperial kekaisaran. Kemudian nama hidangan ini diganti namanya menjadi "ayam pedas" (Mandarin: Hu La Ji Ding) oleh para pengikut setia Mao atau Maois hingga akhirnya pada 1980-an waktu reformasi pintu terbuka Deng Xiaoping, nama hidangan ini kembali disebut Gong Bao Ji Ding.

Vlog ini mereview hidangan Ayam Kung Pao dari sejarah, cara memasak, hingga karakteristik rasanya. Selamat menyaksikan.