Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Asisten Rumah Tangga

Usaha kecil-kecilan di rumah. E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Arsitektur Cungkup Makam Unik dan Sakral Milik Sunan Giri

9 Oktober 2019   15:27 Diperbarui: 9 Oktober 2019   15:41 22 1 0

Di antara para wali sembilan (wali songo) yang kita kenal, sosok Sunan Girilah yang cukup disegani dan sangat berwibawa. Sunan Giri memiliki nama lain yakni Raden Paku, Joko Samudro, Prabu Satmoto (Satmata), Muhammad Ainul Yaqin dan Sultan Abdul Faqih.

Bukan hanya sebagai waliyullah yang segala keputusannya sangat dihormati umat dan para wali lainnya, Sunan Giri juga menjadi raja (pendiri) Kerajaan Giri atau yang disebut Giri Kedaton.

Kompleks pusara beliau berada di kawasan Kebomas Gresik. Untuk bisa sampai di dalam cungkup makam utama yang berarsitektur unik itu, para peziarah harus melewati ratusan trap tangga karena letak makam yang memang berada di perbukitan.

Di dalam kompleks pusara juga terdapat nisan anak keturunannya, antara lain Sunan Dalem dan Sunan Sedo Margi.

Tak jauh dari kompleks Sunan Giri terdapat makam Sunan Prapen dan sunan-sunan sesudahnya. 

Selain pasar wisata yang menyediakan berbagai barang kebutuhan ibadah umat muslim dan beraneka kuliner termasuk kue pudak.

Di bagian depan kompleks pusara juga berjajar banyak andong (dokar) yang siap mengantar pengunjung ke tempat wisata (religi) lainnya. 

Di samping kiri dari trap tangga naik sudah berdiri Museum Sunan Giri yang berisi benda-benda peninggalan sang sunan dan terbuka untuk para peziarah.

Catatan selengkapnya bisa dibaca di :

https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/552a3afa6ea8349b4a552d53/kisah-putri-campa-dan-giri-kedaton-gresik

https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/5bbcca1a43322f44e2716922/penasaran-dengan-makam-tak-bernama-dan-sejarah-singkat-sunan-giri?page=all

https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/5b0f9307cf01b43fad0045f5/mengunjungi-pusara-kuno-penerus-giri-kedaton?page=all