Mima Isono
Mima Isono Freelancer

A very blessed mom living in Tokyo, Japan. Vlogger by hobby. https://www.youtube.com/channel/UC0DsgurgVgF6E5RB7yd0bwg IG: https://www.instagram.com/tiptoeingworld/

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Shirakawago, Desa Terindah di Jepang

5 November 2019   17:00 Diperbarui: 6 November 2019   10:34 31 1 0

Shirakawago, desa terkenal yang terletak di kaki pegunungan di daerah Gifu. Desa Shirakawago adalah desa yang paling terkenal di Jepang. Sebenarnya nama desa yang paling terkenal di daerah Shirakawago adalah Ogimachi. 

Orang - orang, terutama turis asing lebih senang menyebut desa Shirakawago daripada desa Ogimachi.  Desa Ogimahi di Shirakawago dinobatkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO. Apa yang membuat desa Shirakawago layak mendapatkan penghargaan World Heritage Site?

Arsitektur rumah di Ogimachi, Shirawakago yang unik membuat desa tersebut mendapatkan gelar warisan budaya dunia. Rumah - rumah di desa Ogimachi memiliki desain arsitektur yang unik. 

Dahulu kala sampai dengan saat ini, perumahan di Ogimachi, desa terpencil Shirakawago dibangun dengan arsitektur bergaya Gassho - Zukuri. Rumah dan bangunan yang menggunakan gaya Gassho Zukuri bisa dilihat dari bentuk atap. Atap rumah Gassho Zukkuri di desain khusus untuk tahan terpaan salju di musim dingin. 

Daerah Shirakawago pada musim dingin selalu diterpa salju. Atap rumah dan bangunan - bangunan lainnya harus kuat menahan berat salju, yang kalau tidak dibersihkan membeku menjadi es. Dengan desain atap Gassho Zukuri, salju yang menumpuk di atas atap bisa meluncur jatuh dengan sendirinya. 

Keunikan rumah di daerah Ogimachi,  Shirakawago lainnya adalah rumah - rumah tidak di bangun dengan menggunakan paku, melainkan menggunakan tali. Oh ya semua rumah di desa Shirakawago dibangun dengan menggunakan bahan - bahan yang didapatkan dari alam sekitar. Atap rumah terbuat dari jerami dan seluruh bagian rumah menggunakan kayu. 

Saya dan keluarga berlibur ke Ogimachi, Shirakawago beberapa waktu yang lalu. Kami masuk ke salah satu rumah yang sekarang dijadikan museum. Di dalam rumah tersebut kita bisa melihat peralatan rumah termasuk cara memasak air tradisional ala Jepang. Ternyata orang Jepang jaman dulu masak pakai tungku api. 

Yuk cek di vlog, seperti apa rumah Gassho Zukuri di desa Ogimachi, Shirakawago. Ada beberapa vlog tentang Shirakawago di channel saya, Mima Isono. Dikesempatan ini saya uplod vlog terakhir / terbaru dulu ya.