Lupin TheThird
Lupin TheThird Seniman

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Jalan-jalan Naik Tama Monorail Sambil Karya Wisata ke Depo

17 November 2019   14:38 Diperbarui: 17 November 2019   22:19 159 6 5


Saya pernah menulis tentang Kereta Api di Jepang secara umum disini.

Nah, kali ini saya ingin sharing tentang jalan-jalan naik salah satu jenis kereta yang ada di Jepang yaitu monorail

Dok. penyelenggara Festival Tama Monorail 2019
Dok. penyelenggara Festival Tama Monorail 2019

Kereta Monorail sesuai dengan namanya hanya menggunakan satu rel, dan keretanya berjalan pada blok beton jalur maupun menggelantung di bawah rel, dimana keduanya berada berjalan di atas. Monorail ini biasanya adalah kereta yang menjadi penghubung antara satu jalur dengan jalur lain (fungsinya sebagai feeder). Walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga yang memakainya sebagai moda transportasi yang utama. 

Jalur monorail yang saya kunjungi kali ini adalah Tama Monorail. Tama Monorail ini berada di bagian Barat Tokyo, menjelajah dari arah Selatan dari Stasiun Tama Center, ke arah Utara sampai Stasiun Kami Kitadai. 

Ada banyak pemandangan yang bisa kita saksikan disana. Selain perumahan di sub-urban, pemandangan alam berupa bukit dan pepohonan, kita juga bisa melihat 4 universitas yang letaknya dekat monorail.

Selain itu ada juga Kebun Binatang Tama, Pagoda yang terkenal di Takahata Fudou, jalan tol yang menghubungkan antara Tokyo ke Nagoya, dan tentunya pemandangan pusat kota di daerah Tachikawa.

Kalau sedang musim sakura, maka kita juga bisa menikmati sakura dari monorail. Bahkan kalau cuaca sedang cerah, kita bisa melihat Gunung Fuji lho!

Tama Monorail dan Sakura (dokumentasi pribadi)
Tama Monorail dan Sakura (dokumentasi pribadi)

Hari Sabtu (15 November 2019) yang lalu, depo Tama Monorail membuka bengkelnya untuk umum. Acaranya dinamakan "Tama Mono Matsuri 2019" atau "Festival Tama Monorail 2019".

Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan (karena mereka cuma mengadakan event ini setahun sekali) untuk berkunjung kesana.

Nah, tunggu apa lagi?

Sila menikmati pemandangan dari Tama Monorail (dalam suasana hujan) dan pemandangan di depo monorail, dimana kita bisa menyaksikan bagian-bagian dari kereta monorail yang biasanya tidak kelihatan (tertutup).