Lupin TheThird
Lupin TheThird Seniman

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Sensasi Naik Perahu di Sungai Kinugawa Saat Musim Gugur

8 November 2020   10:09 Diperbarui: 8 November 2020   11:54 125 13 3

Naik perahu memang kegiatan yang menyenangkan. Mungkin juga itu alasannya waktu kecil saya gemar menyanyikan lagu "Nenek Moyangku Seorang Pelaut", walaupun waktu itu saya belum pernah naik kapal laut.

Saya pernah naik kapal laut di Jepang ketika pergi dari Aomori ke Muroran di Hokkaido. Namun kali ini saya bukan mengajak Anda untuk naik kapal laut.

Saya ingin mengajak Anda untuk menikmati sensasi perjalanan naik perahu menyusuri Sungai Kinugawa, yang terletak di area Taman Nasional Nikko di Prefektur Tochigi.

Sungai Kinugawa terletak di lembah yang dalam, dan dikelilingi oleh batu cadas. Kecepatan aliran air sungai bervariasi karena kontur sungai yang juga bervariasi, ditambah perbedaan dalam hal kedalaman air, serta lebar sungai.

Kinugawa juga mempunyai variasi pemandangan yang berbeda saat musim semi, musim panas dan musim gugur.

Keistimewaan naik perahu saat musim gugur selain kita bisa menikmati sensasi ayunan perahu dan terkadang semburan air, kita bisa juga menikmati keindahan daun-daun yang berwarna-warni di kiri dan kanan sungai.

Suasana Sungai Kinugawa dari jembatan gantung Kinutateiwa-ootsuruhashi (dokpri)
Suasana Sungai Kinugawa dari jembatan gantung Kinutateiwa-ootsuruhashi (dokpri)
Jepang memiliki banyak sungai dan kita bisa menikmati perjalanan menyusuri aliran sungai dengan perahu yang dalam bahasa Jepang disebut kawa-kudari. Kinugawa kawa-kudari adalah salah satu dari 5 besar kawa-kudari di Jepang.

Perjalanan dari titik awal sampai ke titik akhir menyusuri aliran Sungai Kinugawa yang berjarak sekitar 6 Km ditempuh dalam waktu 40 menit. 

Naik perahunya juga cukup unik, karena kita tidak duduk di bangku atau papan penyangga. Namun kita semua duduk di dasar perahu yang beralaskan tatami. Sepatu disimpan dalam tas plastik yang dibagikan sebelum naik, dan diletakkan dekat kita duduk.

Selain pemandangan alamnya, karena Kinugawa merupakan lokasi wisata alam dan air panas (onsen), maka kita juga bisa melihat bangunan hotel di sekitar aliran sungainya. Perjalanan naik perahu juga melalui beberapa jembatan, baik jembatan besi maupun jembatan gantung.

Sebagai informasi, Kinugawa kawa-kudari hanya ada mulai bulan April sampai dengan November. Lokasi naik perahu tidak jauh dari Stasiun terdekat yaitu Kinugawa Onsen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2