Uli Hartati
Uli Hartati Administrasi

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Tangerang - Palembang 7 Jam Saja!

11 Juni 2019   11:20 Diperbarui: 11 Juni 2019   11:28 75 0 0

Mudik tahun ini sangat istimewa, kenaikan harga tiket pesawat sudah membuat aku dan suami ambil keputusan bahwa kami enggak mudik dulu. Namun beberapa bulan kemudian, adik bungsuku mengabari kalau dia membeli sebuah kendaraan roda empat dan akhirnya kami pun kembali menyepakati untuk mudik lewat darat dans ekaligus pengen ngebuktiin beneran enggak sih Tol Trans Sumatera bisa bikin cepat sampai ke Palembang.

Dokpri
Dokpri

29 Juli 2019 aku sudah cuti dari kantor, perjalanan pagi itu kami mulai jam 06.00 pagi, berbekal google map tentunya hehe karena ini adalah pengalaman pertama mudik via darat menggunakan kendaraan pribadi. 

Sejak memulai perjalanan aku sudah infokan ke adikku bahwa perjalanan mudik ini hanya 8-9 jam saja dan adikku komplain "ya enggak mungkinlah", itu kakak korbang ngebuzzer Jokowi hahahah begitu katanya wkwkkw.


Well, perjalanan pagi memang cenderung lancar dan alhasil kami sudah exit Tol Merak dan dari rumah ke exit tol hanya kami tempuh dengan 90 menit saja. Lalu 6 menit keluar tol kami langsung menemukan petunjuk arah dermaga executive. 

Yup! dari testimoni orang-orang dermaga executive ini hanya memakan waktu 60 menit saja untuk menyeberang ke Bakahunie. 

Sip! dan ternyata yang mudik sudah mulai ramai gaes, alhasil kami butuh waktu 120 menit antri dan masuk kapal. Untunglah kapal langsung jalan, semula aku curiga sih penyeberangan enggak mungkin 60 menit tapi faktanya pas banget sampai mobil keluar dari kapal itu memang 65 menit saja. 

So sampai sini kami sudah menghabiskan waktu 185 menit saja, alias 3 jam lima menit. Abaikan antrian ya karena ini incase arus mudik ges, jadi aku hitung kalau ini bukan high season ya, sepakat ?

Begitu keluar dermaga 6 kami pun melihat petunjuk arah untuk masuk tol, yes ini yang diceritakan bu Mneteri BUMN bahwa dari Bakahunie menuju Terbanggi Besar memakan waktu 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh 140 KM. Faktanya ? 

Kami bisa mencapai Terbanggi besar pas 1 jam saja, selanjutnya perjalanan mulus dan lurus saja. Memang kami tak ada mampir ke rest area untuk makan karena aku, adikku, suami dan anak-anak berpuasa. 

Namun kelajuan kendaraan terpaksa dikurangi karena kami diterpa hujan gede banget. Jalan tol ke Palembang lurus dan mulus dan di sisi kiri kanan pemerintah sudah menyediakan rest area yang cukup layak bagi pemudik.


Pukul 15.20 wib kami melihat petunjuk arah belok kanan "Jakabaring Palembang" semula aku berpikir ini masih akan puluhan kilometer lagi namun betapa kagetnya aku ternyata didepan ku adalah Mall OPI dan aku menoleh ke samping kanan benar saja "Jakabaring e-sport Centre" wow kami sudah sampai Palembang. 

Dokpri
Dokpri

Aku berteriak girang dan adikku kalah taruhan "hahaha ternyata buzzer tol jokowi benar adanya, bukan hoax". Akupun menelpon mamak dan menyampaikan kabar bahwa kami sudah tiba di Palembang, mamak tak percaya dan meminta aku memastikan bahwa aku enggak salah arah. Lah ini didepanku sudah ada Jembatan Ampera mak !

Alhamdulillah, meski banyak rakyat yang keberatan dengan jalan tol tapi aku rakyat lain yang sangat mengapresiasi usaha pemerintah untuk melakukan pembangunan demi menyentuh sila ke 5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tanggal 08 Juni kami bertolak untuk kembali ke Tangerang, dan ternyata kali ini arus balik sudah padat banget, dijalan tol kendaraan kami tak bisa memacu kecepatan maksimal, dan antrian menuju kapal juga padat banget. 

Kami memilih dermaga biasa dan jelas waktu penyeberangan nambah satu jam. Namun bila dalam kondisi normal aku yakin 7 jam juga. Mudik kali ini aku jadi berpikir apa kita buka jasa travel saja hehe karena jarak bukan masalah lagi. 

Well itu dia cerita mudik kami kali ini dan semoga yang masih di kampung halaman bisa memilih waktu mudik yang pas ya sehingga lancar di jalanan, aamiin

Oh iya kalian bisa baca sharing ku disini ya