Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Guru

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Keajaiban Channel Youtube Tanya Pak Doni Saja! Persoalan Pendidikan Dibahas Tuntas oleh Doni Koesoema

12 Februari 2024   12:10 Diperbarui: 12 Februari 2024   12:13 377 12 3

Sumber gambar dokpri
Sumber gambar dokpri

Keajaiaban channel YouTube tanya pak Doni saja sekarang banyak menjadi bahan berita utama di bidang Pendidikan. Video youtubenya selalu banyak penontonnya. Komentar penontonnya juga banyak. Ternyata masih banyak persoalan pendidikan di bawah kementrian pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi atau kemdikbudristek.

Omjay sering menonton videonya. Isinya bagus-bagus konten videonya. Apa yang disampaikan beliau benar-benar masalah penting pendidikan yang harus kita carikan solusinya. Omjay sangat terinspirasi untuk menuliskannya di Kompasiana.


Salah satu hal penting yang Omjay ambil videonya adalah masalah akhlak siswa atau karakter siswa yang menurun di kurikulum merdeka. Mengapa Akhlak Siswa Semakin Turun? Mengapa pendidikan karakter belum mengena di hati anak-anak kita?

Sahabat Pendidikan Karakter, Selamat memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW bagi sahabat pendidikan karakter yang merayakan. Sejak Kurikulum Merdeka, akhlak siswa justru semakin turun.

Rapor Pendidikan menunjukkan turunnya skor iklim sekolah secara nasional. Sementara kekerasan dan buli atau bulying di sekolah banyak yang menjadi viral. Mengapa?

Yuk kita simak jawaban kritis atas kebijakan Kurikulum Merdeka dalam Tanya Pak Doni Saja (TPDS#111)!

Sahabat Pendidikan Karakter, di Era Merdeka Belajar, perilaku dan sikap anak-anak kita tidak terbentuk dengan baik. Kurikulum Merdeka gagal menjadi dasar untuk pembentukan karakter yang baik. 

Apa yang salah? Apa ada yang keliru dalam konsep-konsep di dalam Kurikulum Merdeka? Jawabnya pasti ada. Apa itu? Simak jawabannya dalam Tanya Pak Doni Saja (TPDS#111). Yuk kita tonton videonya di bawah ini!

https://www.youtube.com/watch?v=RVxUjaJH_TY

Sumber gambar Erwin Marwiansyah
Sumber gambar Erwin Marwiansyah

Apa yang harus kita lakukan agar pendidikan karakter berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita semua?

Kita harus bekerjasama, dan saling berkolaborasi agar pendidikan karakter menjadi pendidikan utama dalam keluarga dan kemudian dilanjutkan di sekolah. Orang tua tidak bisa menyerahkan semuanya kepada guru di sekolah.

Siapa yang bertanggung jawab dengan pendidikan karakter anak-anak kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3