Video Pilihan

5 Tips Menerbitkan Buku secara Mandiri

1 Agustus 2018   15:32 Diperbarui: 1 Agustus 2018   16:16 226 0 0

(sumber gambar: blowingrockmarket.com)

Seiring dengan semakin menggeliatnya dunia kepenulisan, didukung dengan bermunculannya para penulis baru, penerbit self publishing pun ikut bermunculan ke permukaan. Kehadiran para penerbit self publishing di tengah-tengah dunia literasi adalah untuk mewadahi kreatifitas dan aktualisasi diri para penulis, terutama para penulis baru yang baru turun di medan literasi.

Memang, semakin hari persaingan di dunia penerbitan semakin begitu kentara. Belum lagi pangsa pasar juga banyak dinamikanya serta banyak berubah dari waktu ke waktu. Sementara itu semakin hari persaingan diantara penulis juga semakin kentara. Banyak penulis baru bermunculan sehingga semakin banyak karya tulis yang beredar di pasaran dengan kualitas yang patut diapresiasi. Semakin hari para penulis semakin kreatif mengemas karya mereka.

Sayangnya, banyak penulis yang menyerah di tengah jalan karena tidak sabar dengan persaingan dan penyaringan yang ketat dari penerbit mayor. Pada akhirnya lebih memilih menerbitkan buku mereka secara self publishing.

Sebenarnya sih penerbit self publishing tidak melulu soal penulis amatir yang membutuhkan eksistensi. Toh ada segelintir penulis-penulis terkenal dan memiliki karya yang bagus memilih menerbitkan buku secara self publishing dengan banyak pertimbangan.

Terlepas dari semua itu, di sini saya akan memberikan 5 tips bagaimana supaya kita bisa menerbitkan buku secara mandiri.

Ada 5 pilihan untuk bisa menerbitkan buku secara mandiri

Pertama, Self Publishing

Kedua, E-book atau elektronik buku

Ketiga, Google Play Book

Keempat, Kindle Amazon

Kelima,Buku Fotokopi

Untuk penjelasan yang lebih lengkap bisa disimak di video di bawah ya sob