agus hendrawan
agus hendrawan Guru

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Lagu Semangat Satuguru dan Kisah Inspiratif Bersamanya

9 Juli 2024   00:51 Diperbarui: 9 Juli 2024   06:09 433 12 6

Ir. Aslam Isnawan (sebelah kiri) dokpri
Ir. Aslam Isnawan (sebelah kiri) dokpri

Pendahuluan

"Indonesia adalah salah satu negara luar biasa karena bisa bertahan dari penjajahan dengan modal spiritual yang kuat, kini saatnya kita meluruskan peradaban. Hilangkan rasa tidak percaya diri karena itu adalah warisan penjajah" - Ir. Isnawan Aslam.

Kutipan di atas saya simpulkan berdasarkan percakapan saya dengan Ketua Umum Satuguru Pak Ir. Isnawan Aslam ketika Beliau bersedia saya wawancarai melalui channel YouTube SMAN9Bekasi Official beberapa waktu lalu. Beliau adalah salah satu motivator utama bagi saya untuk terjun dalam dunia tulis menulis. "Hilangkan rasa tidak percaya diri..." itu inti yang saya ambil.

Pak Isnawan Aslam menyampaikan betapa pentingnya menghilangkan rasa minder dalam menjalani hidup dan meraih mimpi. Menurut beliau, rasa tidak percaya diri adalah warisan dari penjajah yang harus segera kita singkirkan. Beliau menekankan pentingnya memiliki keyakinan diri yang kuat dan berani mengambil langkah maju, meskipun penuh tantangan.

Langkah Awal Menulis di Kompasiana

Bersama pegiat literasi lainnya seperti OmJay (sapaan akrab Pak DR. Wijaya Kusumah, M. Pd.), yang juga sebagai anggota Pengawas Satuguru sekaligus founding father KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) PGRI yang saya ikuti setelah bergabung dengan Satuguru.

Saya mulai merintis menulis, terus maju dan menikmati semua proses langkah demi langkah. Kompasiana memang platform yang tepat karena cukup longgar dalam mempublikasikan sebuah tulisan, bahkan dari penulis pemula semacam saya.

Berbagai reaksi baik dari Admin Kompasiana yang berupa teguran maupun saran dari teman telah saya dapatkan, semua saya terima demi perbaikan yang berkelanjutan bagi tulisan-tulisan saya berikutnya. 

Menulis di Kompasiana telah membuka banyak peluang, platform ini memberikan ruang bagi setiap penulis baik pemula maupun profesional untuk berbagi pemikiran dan pengalaman. 

Ulasan Lagu "Semangat Satuguru"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3