Indria Salim
Indria Salim Administrasi

Freelance Writer, Photography enthusiast Twitter: @IndriaSalim / IG: @myworkingphotos

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Destinasi Rasa Festival Kuliner Serpong 2019 yang Seru dan Memuaskan

10 September 2019   11:26 Diperbarui: 10 September 2019   11:37 72 17 10

Pengalaman Kulineran yang Berkesan |Video: Indria Salim|

Kapan Mengunjungi #FKS2019?

Hari Jumat (16/8) dan Selasa (20/8) kami meluncur ke  #DestinasiRasa Festival Kuliner Serpong 2019. Sejak dari gerbang depan memasuki kawasan Festival yang ada di  Sumarecon Mall Serpong ini, sejauh mata memandang terkesan dengan keindahan dekorasinya yang dari masing-masing sudutnya menampilkan berbeda ikon dengan frasa khas daerah Sumatera . Ini belum lagi bangunan beratap lancip khas Sumatera Barat yang menjadi loket penjualan kartu buat ditukar makanan, dengan ornamen etnis dari dinding-dinding bangunannya.
Beginilah yang tertampilkan dari video versi pendeknya.

Salah satu wujud pelestarian budaya bangsa. |Video: Indria Salim|

Spot Selfie dan Foto-foto:
Menurutku setiap tempat di Destinasi Rasa itu menarik buat foto-foto. Padahal di sana ada spot ikonik juga, yang lokasinya bisa dibilang di pinggir tapi strategis, yaitu spot dengan latar belakang tulisan "Onde Mande", "Horas Tabonai", "Tambuah Ciek", juga panggung utama berbentuk rumah adat berlatar belakang menara jam gadang.
.
Kesan Keseluruhan?
Asik dan meriah, pengunjungnya memenuhi semua tempat namun tertib. Aku bertualang untuk menikmati kuliner otentik yang sebagian bahkan baru pertama kali dicoba.
.
Kunjungan pertama kunikmati makanan Medan: Chi Chong Fan yang legit, lalu Pempek Kapal Selam khas Palembang, Ketan Sarikayo, kemudian pertama kalinya mencicipi Kawa Batu Sangkar.
.
Kunjungan kedua menu utama Nasi Kapau khas Bukittinggi. Mantap. Lalu kusempatkan icip-icip Lamang Tapai, karena makanan ini jarang ada di Jakarta, dan baru kujumpai di FKS ini.
.
Oleh-oleh Khas Sumatera
Menarik sekali, setidaknya ada dua tempat Oleh-oleh di Bale-bale: Kripik Pisang YEN YEN LAMPUNG dan Keripik Balado CHRISTINE HAKIM. Jualannya lengkap, ada pengunjung yang mencari kopi juga lho.
.
Aku membawa pulang satu dus kue Bolu Medan C&F rasa kacang yang cita rasanya istimewa.
Rasanya mewah, bukan seperti bolu pada umumnya.
Pada kunjungan yang ketiga, pertama kali lihat kulihat ada Pisang Goreng Srikaya "Ahou" yang unik. Itu kunikmati di rumah karena dari FKS hari itu sudah kucoba beragam makanan lainnya.
.
Festival Kuliner Serpong 2019 (FKS2019) berlangsung dari 8 Agustus sampai 8 September. Senangnya bisa maksimal memanfaatkan kesempatan itu buat eksplorasi kuliner Nusantara, dan khususnya yang otentik dari Sumatera.
.
Menurutku #FKS2019 keren banget!  Suasananya full artistik dan tradisional sekaligus kekinian. Menikmati kuliner sambil memanjakan telinga dengan suguhan musik unik dan eksotis.
.
Kunjungan ke-3 pada tanggal 3 September, aku sempat menikmati Tari Piring di lingkungan area FKS 2019, tepatnya di Panggung Broadway, yang persis bersebelahan dengan barisan rumah adat yang indah sebagai loket kasir. Itulah bonus kunjunganku, tanpa sengaja menyaksikan Talent Show Finalis Putra Putri Pariwisata Nusantara2019.
.
Demikian, kuberuntung bisa melakukan jelajah kuliner ke #DestinasiRasa Festival Kuliner Serpong 2019 ini. Suasana kehangatan dalam kebersamaan para pengunjungnya, tertib dan mudah dijelajahi setiap booth, bale-bale dan gerobak makanannya, Peta FKS2019-nya juga keren dan berguna, atmosfir meriah dan nyaman karena suguhan beragam musik dan tarian yang membawa pengunjung serasa di Padang, Medan, Aceh, wah itu membuatku luar biasa salut pada penyelenggaranya. Harapanku, semoga FKS terus ada dari tahun ke tahun. Inilah cara efektif melestarikan dan mengapresiasi budaya dan seni Indonesia yang kaya. "Tambo Ciek!"
.
Oh ya, Festival Kuliner Serpong 2019 ini disponsori oleh
Teh Botol Sosro, Sasa, dan CMIB Niaga.

Salam Kuliner! |Indria Salim|
IG @myworkingphotos