Isson Khairul
Isson Khairul Jurnalis

Saya memulai hidup ini dengan menulis puisi dan cerita pendek, kemudian jadi wartawan, jadi pengelola media massa, jadi creative writer untuk biro iklan, jadi konsultan media massa, dan jadi pengelola data center untuk riset berbasis media massa. Saya akan terus bekerja dan berkarya dengan sesungguh hati, sampai helaan nafas terakhir. Karena menurut saya, dengan bekerja, harga diri saya terjaga, saya bisa berbagi dengan orang lain, dan semua itu membuat hidup ini jadi terasa lebih berarti.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Gunawan Wibisono, Sang Wartawan Panen Cabe

6 Desember 2023   20:47 Diperbarui: 6 Desember 2023   21:17 405 3 1


Harga cabe melambung tinggi. Rabu, 6 Desember 2023 ini, sahabat saya, Gunawan Wibisono, memasuki musim panen. Ia berkabar di laman facebook-nya, dengan menampilkan sejumlah foto tumpukan cabe yang telah dipetik. Warnanya merah menyala dan tentu saja menggiurkan.

Wartawan Peminat Pertanian

Gunawan Wibisono, wartawan peminat pertanian. Foto: Dok. GW
Gunawan Wibisono, wartawan peminat pertanian. Foto: Dok. GW

Gunawan Wibisono sesungguhnya seorang jurnalis. Ia beberapa tahun belakangan, mengelola media online bersama sejumlah rekan. Sebelumnya, ia adalah jurnalis di sejumlah media cetak. Antara lain, di majalah Hai, sebuah penerbitan dari Kompas Gramedia Group.

Kami berkawan, selain kerap bertemu di lapangan peliputan, juga karena connect dalam obrolan. Selain penikmat Sejarah Perang Dunia, Gunawan Wibisono memiliki perhatian besar terhadap dunia pertanian. Di waktu senggangnya, ia mengunjungi rekan-rekannya yang bertani di seputaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Di sela aktivitas jurnalistiknya, Gunawan Wibisono pun mulai bertani. Ia menanam cabe di kawasan pertanian di Bogor, Jawa Barat. Ia memang sudah lama bermukim di Kota Hujan tersebut. Ketika pandemi Covid-19 memuncak beberapa waktu lalu, kegiatan pertaniannya terhenti.

"Buruh tani banyak yang pulang kampung. Selain itu, suasana pandemi kurang kondusif untuk bertani. Untuk sementara, saya istirahat dulu sebagai petani," ujarnya, ketika kami ngopi bersama kawan-kawan komunitas jurnalis musik, film, dan hiburan.

Pada bulan Juni 2023 lalu, Gunawan Wibisono bercerita bahwa ia akan mulai kembali bertani. Persisnya, kembali berladang cabe. Kami pun men-support-nya dengan ngopi bareng di tengah area perladangannya, sembari menghirup udara segar kawasan Bogor.

Sejak kembali bertani, Gunawan Wibisono relatif jarang ngumpul-ngumpul dengan kawan-kawan di Jakarta. Aktivitasnya lebih banyak di seputaran Bogor saja. Tapi, secara online, kami intens berinteraksi. Melalui interaksi online itulah, saya mengikuti perkembangan ladang cabenya.

Foto dan video yang ia unggah tentang ladangnya di laman facebook-nya, mengesankan. Karena, pada awalnya, Gunawan Wibisono adalah fotografer sejati, sebelum kemudian merambah ke ranah tulis-menulis. "Dengan modal handphone saja, kini kita bisa menghasilkan foto dan video yang bagus," begitu ia selalu berkata.

Musim Panen Pun Tiba

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2