Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Jurnalis

IG : yuniarto_hendy

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Jalan Qianmen, Pusat Bisnis Sejak Dinasti Qing

21 Juni 2020   06:41 Diperbarui: 21 Juni 2020   13:50 131 25 8


Gerbang Utama Qianmen (dokpri)
Gerbang Utama Qianmen (dokpri)
Jalan Qianmen merupakan salah satu jalan tertua sekaligus pusat bisnis pada zaman dinasti Qing. Jalan ini membentang lurus sepanjang 845 meter ke selatan dari Lapangan Tiananmen ataupun juga dari Kota Terlarang.

Di sekitar jalan ini terdapat pusat perekonomian yang sudah dimulai sejak 600an tahun yang lalu. Bahkan setelah 600 tahun, kedinastian berganti menjadi republik, jalan ini tidak banyak berubah, kecuali perubahan arsitek dan menjadi pusat komersial yaang modern.  

Di jalan ini terdapat sekitar 80 toko terkenal yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun, seperti toko saus, bumbu, dan acar Liubiju, apotek Tongrentang, toko kain sutra, toko sepatu toko, toko teh, dan berbagai macam toko lainnya. 

Saat ini toko tradisional dan modern telah menyatu, kita dapat melihat toko suvenir, pakaian, restoran fast food, kedai starbuck dengan arsitek tradisional, toko buku modern, toko-toko seni, dan lain sebagainya.  

Beijing memiliki banyak jalan pusat perbelanjaan yang bersejarah di sekitar istana Kota Terlarang. Qianmen adalah salah satu yang populer selain Wangfujing dan Hutong. 

Jalan Qianmen perrtama kali dibuat pada era Dinasti Ming. Pada saat Kaisar Jiajing, kaisar Dinasti Ming ke-12 (1368-1644), jalan itu dipenuhi dengan bangunan yang berfungsi sebagai asrama, menyediakan rumah atau penginapan bagi warga dari luar kota Beijing yang berniat mengikuti ujian kekaisaran. 

Jalan Qianmen menjadi lebih ramai di tahun-tahun awal Dinasti Qing (1644-1911) dengan perkembangan kegiatan budaya dan perdangangan. Pameran lampion, teater, dan rumah teh, rumah arak, restoran, dan usaha-usaha lain berkembang pesat. 

Salah satu restoran legendaris di jalan Qianmen yaitu restoran Bebek Peking Quanjude. Restoran ini adalah bagian penting dari sejarah dan kuliner Beijing. 

Bebek Peking merupakan sajian bangsawan pada saat itu. Bahkan hingga saat ini, Bebek Peking yang dibuat dari bebek pilihan dan cara pemanggangan yang khas. Bebek Peking Quanjude juga pernah muncul di buku teks bahasa Mandarin.  

Jalan Qianmen ini pernah dibakar habis pada tahun 1900 ketika Pasukan Sekutu mengobrak-abrik Beijing. Namun setelah itu jalan Qianmen dibangun kembali tahun 1920-an hingga 1930-an. Area seluas 1,4 kilometer persegi telah dibangun menjadi tempat untuk kegiatan budaya, makanan, belanja, dan hiburan. Termasuk tram untuk mengangkut dan menghibur wisatawan. 

Di vlog ini saya mereview jalan Qianmen dari sudut pandang sejarah dan perkembangannya sampai saat ini. Selamat menyaksikan.