Adhi Nugroho
Adhi Nugroho Penulis

Kuli otak yang bertekad jadi penulis dan pengusaha | IG : @nodi_harahap | Twitter : @nodiharahap http://www.nodiharahap.com/

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Semarak Pasar Takjil di Kota Seribu Sungai

15 Maret 2024   22:34 Diperbarui: 27 Maret 2024   16:26 610 9 2

Pasar takjil di Kota Seribu Sungai. Sumber: dokumentasi pribadi.
Pasar takjil di Kota Seribu Sungai. Sumber: dokumentasi pribadi.

Ramadan telah tiba. Siapa di sini yang hobi berburu takjil untuk berbuka?

Nah, di Banjarmasin, pada tahun ini ada dua pasar takjil yang wajib banget untuk disambangi. Yang pertama, Pasar Wadai Ramadan di area Gedung Sultan Suriansyah, Jl. Brigjend. H. Hasan Basri, Banjarmasin.

Pasar takjil yang satu ini digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan selama bulan puasa. Ada sekitar 150 stan UMKM yang menjual beragam makanan tradisional khas Banjar.

Konsepnya terbilang unik. Konstruksi masing-masing stan terbuat dari kayu beratap daun rumbia, yang dikerjakan oleh beberapa SMK binaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sambil berburu kue untuk berbuka, kamu juga bisa menikmati pertunjukan hiburan dan penampilan bernuansa religi setiap harinya. Jam bukanya, mulai pukul 16.00 hingga 20.30 WITA selama bulan puasa.

Yang kedua, Pasar Wadai di depan Balai Kota Banjarmasin, Jl. R.E. Martadinata. Pasar takjil ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, bekerja sama dengan paguyuban pedagang di Kota Banjarmasin.

Di sini, ada sekitar 130 stan yang terdiri dari 89 stan paguyuban pedagang, dan 41 stan UMKM binaan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Banyak kue manis yang pastinya nikmat untuk berbuka. Mulai dari kue putri selat, lapis india, kue lam, bingka, amparan tatak pisang, ipau, dan berbagai macam wadai khas lainnya.

Tidak ketinggalan, ada pula penampilan bernuansa religi yang siap menghibur para pengunjung, serta edukasi publik berupa talkshow bekerja sama dengan perbankan syariah di Kota Banjarmasin selama bulan suci Ramadan.

Tunggu apa lagi? Yuk, berburu takjil di Pasar Wadai Kota Seribu Sungai!