Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Guru

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Ma'pamula, Prosesi Resminya Upacara Pemakaman Secara Adat Suku Toraja

14 Mei 2024   19:53 Diperbarui: 17 Mei 2024   09:40 347 3 0


Rambu Solo' yang dikenal sebagai upacara pemakaman khas suku Toraja yang memiliki sejumlah rangkaian prosesi. Untuk menandai resminya pelaksanaan Rambu Solo', yakni penerimaan tamu (mantarima tamu), maka perlu dilaksanakan prosesi ma'pamula. Istilah ini banyak dikenal di wilayah Toraja Utara. Sementara di wilayah Tana Toraja, lebih dikenal dengan nama ma'pasonglo'.

Ma'pamula adalah hari pertama resminya rombongan keluarga diterima secara resmi oleh pihak keluarga yang berduka. Namun, sebelum acara mantarima tamu dilaksanakan, prosesi ma'pamula dilakukan terlebih dulu. Dalam video ini, alm. J.N. Pakombong M. yang merupakan salah satu keturunan bangsawan di Toraja Utara dilaksanakan prosesi ma'pamula untuk upacara pemakaman secara adat

Arak-arakan jenazah dalam prosesi ma'pamula pada upacara pemakaman suku Toraja. Sumber: dok. pribadi
Arak-arakan jenazah dalam prosesi ma'pamula pada upacara pemakaman suku Toraja. Sumber: dok. pribadi

Ma'pamula ditandai dengan dipindahkannya peti jenazah dari lumbung (alang). Kemudian diletakkan di atas sarigan (sejenis tandu berukir  dan memiliki atap menyerupai tongkonan (rumah adat suku Toraja).

Selanjutnya, jenazah diarak oleh keluarga mengelilingi halaman (ulu ba'ba) atau berkeliling kampung. Pada video ini, jenazah berada di bagian depan sementara rumpun keluarga dari kelompok perempuan ada dibagian belakang dibawah bentangan kain merah yang diikatkan pada sarigan.

Setelah arak-arakan selesai, peti jenazah dinaikkan ke lakkian (sejenis panggung tinggi). Beragam ornamen di lakkian kemudian ditambahkan. 

Dengan selesainya prosesi ma'pamula, maka rangkaian kegiatan inti Rambu Solo' segera dimulai.