Taufik Al Mubarak
Taufik Al Mubarak Full Time Blogger

Taufik Al Mubarak, blogger yang tak kunjung pensiun. Mengelola blog https://pingkom.com

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Cu Chi Tunnels, Lokasi Perang Vietnam vs Amerika

14 Mei 2024   16:04 Diperbarui: 8 Juni 2024   16:50 906 15 2


Di film-film produksi Hollywood, tentara Amerika Serikat digambarkan begitu perkasa dalam perang Vietnam. Namun, di Chu Chi Tunnels, kita dapat melihat bagaimana para pejuang Vietkong bergerilya melawan pasukan dari negeri Paman Sam itu.

Pada Januari 2018, saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi Chu Chi Tunnels, salah satu lokasi para gerilyawan Vietkong berperang melawan tentara Amerika dalam perang Vietnam

Di tempat ini, kita akan melihat secara langsung bagaimana terowongan bawah tanah digali dan digunakan pejuang Vietkong sebagai lokasi bergerilya. Terowongan itu dibuat sebagai jaringan labirin, tersambung antara satu terowongan dengan terowongan lain.

Tidak hanya itu, di bawah terowongan itu, para pejuang Vietkong tidak hanya bersembunyi. Mereka memanfaatkan jaringan terowongan itu untuk bertahan hidup, merencanakan serangan, tempat beristirahat, serta melakukan koordinasi. 

Ada dapur, ada tempat rapat, dan tempat tidur. Jika kita perhatikan denah terowongan, di bawah tanah itu sudah mirip seperti sebuah kampung kecil. Bisa dibilang, Chu Chi Tunnels ini salah satu tempat gerilya terbaik yang pernah dibuat para pejuang.

Saat di kawasan Chu Chi Tunnels, kita bisa melihat replika para pejuang Vietkong bertahan hidup, memproduksi senjata yang dirampas dari tentara Amerika, tenda tempat mereka beristirahat, bekas ledakan bom, atau kondisi dapur. 

Saya lagi mencoba bersembunyi. (Foto: dok pribadi)
Saya lagi mencoba bersembunyi. (Foto: dok pribadi)

Tour guide kami sempat menjelaskan bahwa dapur para pejuang Vietkong ini unik. Katanya, cerobong keluar asap dibuat menjauh dari lokasi dapur. 

Hal ini dibuat untuk mengecoh tentara Amerika. "Jadi, yang mereka serang itu cerobong asap, yang dianggap sebagai dapur," katanya.

Oh ya, jika Anda pergi ke sana, bisa juga mencoba menembak. Di kawasan Chu Chi Tunnels ini, kita bisa menembak menggunakan senjata AK-47. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2