Budiono
Budiono Bankir

Praktisi manajemen risiko yang sedang menekuni hobi ngevlog. Silakan subscribe kanal YouTube saya https://bit.ly/TRAVLOGUE dan temukan tulisan saya lainnya di https://www.budionojournal.com/

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

[Video] Hypothermia Saat Pendakian Dini Hari di Gunung Papandayan

18 Oktober 2019   14:59 Diperbarui: 18 Oktober 2019   18:06 146 6 2

Jangan coba-coba mendaki tanpa mengenakan pakaian yang sesuai untuk pendakian, khususnya saat pendakian malam dan dini hari, bisa-bisa terkena hypothermia. Kejadian naas ini menimpa salah satu rekan saya dalam rombongan pendakian di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat.

Matahari terbit di Gunung Papandayan (dok. Pribadi)
Matahari terbit di Gunung Papandayan (dok. Pribadi)

Meskipun terkenal sebagai gunung yang landai dan ramah bagi pemula, Gunung Papandayan seperti halnya gunung-gunung lain tetap mengandung bahaya jika didaki tanpa kelengkapan yang sesuai.

Apalagi kala itu, saya beserta rombongan mulai mendaki pukul 02.30 dini hari, kala suhu bumi mendingin. Apalagi dataran tinggi, sudah pasti suhu bisa membuat tubuh menggigil.

Pendakian yang berlangsung singkat, sekitar 3 jam dari parkiran hingga Hutan Mati. Akan tetapi, hal naas menimpa salah satu rekan pendakian yang mengalami gejala hypothermia. Ia menggigil kedinginan.

Sepertinya ini terjadi karena pakaian yang dikenakan kurang sesuai untuk pendakian. Jaket biasa (tidak windproof atau tahan angin), celana jins, dan sandal gunung yang terbuka tidak direkomendasikan untuk pendakian di malam dan dini hari yang sangat dingin seperti ini.

Saksikan cerita selengkapnya dalam video perjalanan yang saya unggah di kanal YouTube Berbudi TV. Jangan lupa untuk subscribe ya!