Mima Isono
Mima Isono Freelancer

A very blessed mom living in Tokyo, Japan. Vlogger by hobby. https://www.youtube.com/channel/UC0DsgurgVgF6E5RB7yd0bwg IG: https://www.instagram.com/tiptoeingworld/

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Wisata Bunga Tulip di Sakura-Shi, Jepang

25 April 2019   07:30 Diperbarui: 28 April 2019   18:37 167 7 2

Dokpri
Dokpri

Musim sakura sudah berakhir di wilayah Tokyo, Kyoto, dan sekitarnya. Saat ini bunga-bunga sakura di wilayah utara Jepang lah yang akan bermekaran. 

Setelah bunga sakura berguguran, bunga-bunga lainnya pun ikut bermekaran di wilayah Tokyo dan kota-kota sekitarnya. Saat ini bunga tulip yang sedang mekar. Ada beberapa tempat bunga tulip yang letaknya tidak terlalu jauh dari Tokyo. 

Saya berkesempatan mengunjungi kota kecil yang letaknya berdekatan dengan airport Narita. Nama kotanya adalah Sakura-shi. Kota ini adalah kota tua yang terletak sekitar 45 menit dari kota Tokyo. 

Meskipun jaraknya lumayan jauh, kita bisa naik kereta lokal atau sejenis MRT dari Tokyo menuju Sakura-shi. Biayanya pun tidak terlalu mahal, tidak seperti menggunakan kereta cepat jenis express.  

Bunga tulip mekar di awal bulan April dan biasanya gugur sebelum akhir bulan. Tentunya temperatur dan sinar matahari menjadi faktor yang menentukan berapa lama bunga tulip bisa bertahan.

Sakura-shi bukan kota turis. Kota ini hanya dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara ketika bunga sakura dan tulip sedang bermekaran. Setelah musim bunga berakhir, Sakura-shi kembali menjadi kota biasa yang jauh dari hiruk-pikuk wisatawan. Kota tua tempat pemukiman penduduk. 

Ada dua cara untuk mencapai tempat bunga tulip. Cara pertama, dengan naik bus khusus yang hanya berhenti di taman bunga tulip. Cara kedua, naik taksi. Cara pertama jauh lebih murah dibandingkan cara kedua (tiketnya 200 yen/24 ribu rupiah). 

Minusnya adalah kita harus menunggu bus tiba dan bus hanya berangkat dalam keadaan penuh. Cara kedua tentunya lebih mahal. Selain itu kadang-kadang kita harus menelpon taksi untuk menjemput di stasiun kereta. 

Perjalanan dari stasiun kereta menuju taman tempat bunga tulip hanya memakan waktu 15 menit. Tidak ada stasiun bus di dekat taman bunga tulip. Bus berhenti di tempat pemberhentian sementara, yang hanya ada ketika bunga tulip mekar. Untuk kembali ke stasiun kereta, kita bisa naik bus dari pemberhentian yang sama.

Taman bunga tulip ini didirikan tahun 1994 dan merupakan bagian dari "Japan - Netherland Goodwill Cooperation", atau kerjasama antara Jepang dan Belanda. Kincir Angin ciri khas belanda ada di dalam taman ini. 

Silahkan menonton video untuk melihat langsung keindahan bunga tulip.