Mima Isono
Mima Isono Freelancer

A very blessed mom living in Tokyo, Japan. Vlogger by hobby. https://www.youtube.com/channel/UC0DsgurgVgF6E5RB7yd0bwg IG: https://www.instagram.com/tiptoeingworld/

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Belanja Tanpa Kasir di Jepang dengan Troli Pintar

26 Agustus 2019   19:00 Diperbarui: 27 Agustus 2019   14:23 136 5 1

Jepang identik dengan teknologi canggih. Ada banyak teknologi canggih yang dipakai untuk memudahkan kegiatan sehari - hari di Jepang. Salah satunya adalah penggunaan teknologi untuk memudahkan berbelanja di supermarket. 

Baru - baru ini saya dah keluarga berbelanja di Aeon Mall pusat yang terletak di Kaihin Makuhari, Chiba. Kita sangat terkesan dengan teknologi baru yang digunakan oleh Aeon Mall untuk memudahkan pengunjung dalam berbelanja. 

Aeon Mall pusat saat ini telah menggunakan "smart trolley" atau trolley belanja pintar yang dilengkapi dengan alat pendeteksi harga barang belanjaan kita. Selain smart trolley, Aeon Mall juga menyediakan alat khusus berbentuk HP, yang bisa dipergunakan untuk mendeteksi harga barang belanjaan kita. 

Cara berbelanja di Aeon Mall dengan menggunakan trolley belanja pintar sangat lah mudah. Kita cukup penyentuh tanda "start" (mulai) di layar tablet yang terletak di trolley, lalu ambil barang yang akan kita beli dari rak belanja, arahkan barcode di terletak di barang yang kita ambil ke alat pendeteksi yang terletak di trolley. 

Nama barang berikut dengan harganya akan keluar di layar tablet yang terletak di trolley belanjaan kita. Jadi kita seperti mendaftarkan barang belanjaan kita. 

Bagaimanakah cara membayar barang belanjaan? 

Cara pembayaran pun sangat mudah. Kita tidak perlu lagi ke kasir, cukup menuju ke mesin khusus untuk membayar barang - barang yang telah kita daftarkankan di trolley yang kita pakai.

Lalu, scan "QR code" yang terdapat di mesin pembayaran dengan menggunakan alat scan khusus yang ada di trolley kita.

Nama-nama barang yang kita daftarkan di trolley kita, berikut dengan harga dan jumlah total belanjaan kita akan muncul di mesin pembayaran. Lalu kita tinggal pilih cara pembayaran, dengan uang atau dengan kartu kredit. 

Nah, kita tinggal bayar sesuai dengan total harga belanjaan yang tertera di mesin pembayaran. Mesin pembayaran ini tidak pernah bermasalah lho. Kalau kita butuh kembalian, kita akan mendapatkan uang kita sesuai dengan jumlah yang tertera di monitor mesin. 

Dengan adanya trolley pintar ini, kita tidak perlu berlama - lama lagi di kasir. Semua transaksi kita lakukan sendiri dalam waktu yang singkat. 

Canggih? Iya, canggih banget. Meskipun ada hal menyedihkan dibalik kecanggihan teknologi smart trolley. Dengan smart trolley, jumlah kasir berkurang drastis.

Dari sekian banyak menjadi satu kasir saja. Artinya, jumlah pegawai yang berkerja di bagian kasir pun berkurang. Entah lah apakah mereka dipindahkan ke bagian lain atau diputus kontrak. Itu saya kurang tahu dan tidak berani bertanya. 

Bagaimana menurut kalian? Lebih bagus menggunakan smart trolley atau kasir orang? 

Yuks, cek langsung di vlog saya, gimana sih cara kerja smart trolley.