Roles Dhianta
Roles Dhianta Wiraswasta

Lifestyle, Outdoor Activity, adventure, sosial dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Kehidupan Suku Dayak Pedalaman Kalimantan di Rumah Panjang

22 Februari 2021   09:00 Diperbarui: 22 Februari 2021   09:08 232 3 0

Kehidupan di Rumah Panjang <a href=Suku Dayak Pedalaman Kalimantan (Sumber Gambar: Roles Dhianta)">
Kehidupan di Rumah Panjang Suku Dayak Pedalaman Kalimantan (Sumber Gambar: Roles Dhianta)

Grebek Rumah Panjang Suku Dayak, Kehidupan Suku Dayak Pedalaman Kalimantan di Rumah Panjang

Mari mengenal lebih dekat kehidupan sehari-hari suku dayak pedalaman kalimantan. Pada kesempatan ini saya mengabadikan momen momen di dalam rumah panjang atau rumah betang asli suku dayak iban

Episode ini FULL Grebek Rumah Panjang Suku dayak Pedalaman Kalimantan dari halaman depan, teras, luar, belakang sampai di dalam rumah yang keseluruhannya terbuat dari kayu ulin atau kayu tebelian. Kayu Ulin merupakan kayu yang sangat keras khas kalimantan yang berasal dari pedalaman hutan kalimantan. Sayang keberadaan kayu ini sat ini sudah sangat langka sekali. Perlu diketahui bahwa rumah panjang ini sudah dibangun dari tahun 1979.

Pada Kesempatan ini saya mengabadikan momen-momen indah di rumah panjang suku dayak yang berada di pedalaman kapuas hulu kalimantan barat. Saya juga mengabadikan keadaan rumah panjang baik di luar rumah, teras rumah, dalam rumah hingga di belakang rumah panjang. 

Perlu diketahui, rumah panjang ini berjumlah 19 pintu, dimana terdapat lebih dari 36 kepala keluarga di dalamnya, masing-masing KK terdiri dari 3, 4, 5 bahkan 6 orang penghuninya. Bayangkan betapa kuatnya bahan kayu dari rumah ini yang dapat menampung begitu banyak orang dan sudah berumur lebih dari 42 tahun lamanya.

Pada kesempatan berikutnya, saya akan bertanya langsung kepada tokoh adat tertinggi di suku dayak yaitu temenggung kecamatan badau, kapuas hulu, kalimantan barat.

Sumber Video: Channel Youtube Roles Dhianta