Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Penulis

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan, teknologi pangan, dan kesehatan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. YouTube : Sketsa JoKris Jo

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Wa Umi, Jual Lotek dan Rujak di Gang Sempit, Omzet Per Hari Bisa Rp 1 Juta

5 Januari 2021   14:21 Diperbarui: 6 Januari 2021   18:50 3420 38 8


Dok. Jokris Jo
Dok. Jokris Jo
Tak bisa dianggap remeh, lotek dan rujak Wa Umi sangat menggiurkan untungnya. Letaknya sih lumayan jauh dari jalan raya, tapi pelanggannya banyak banget.

Rasanya, bikin lidah bergoyang, meski tampaknya tak ada rahasia, baik resep atau lainnya. Mungkin saja dari ketulusannya berusaha.

Wa Umi, 58 Tahun, memiliki 5 anak dan 7 cucu, tak mau tinggal diam menanti uluran tangan anak-anaknya yang semuanya telah menikah.

Kebolehannya bikin lotek atau rujak, telah ia kuasai sejak masih anak-anak, dari sang mama. Dilanjutkannya setelah menikah.

Kini keahlian Wa Umi telah diturunkan pada salah satu anaknya, dan sekali-kali dibantu. Bahkan di warungnya tersedia 2 cobek, hingga bisa simultan dalam menyiapkan pesanannya.

Bayangkan, bila tiap hari mampu menjual 100 bungkus, dengan harga 10 ribu rupiah, untuk yang online 15 ribu rupiah, pantaslah bila disebut menggiurkan penghasilannya. Omzetnya bisa 1 juta rupiah per hari.

Bersama sang suami, usahanya tetap berlanjut dan tak perlu menyewa tempat di daerah mahal, karena kualitas rasa lotek dan rujaknya mampu menembus tantangan jarak, bersama maraknya kemajauan bisnis online.

Bandung, 05 Jan 2021

Sketsa JoKris Jo -- Channel YouTube