Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Guru

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Inilah 3 Kekuatan Penting agar Dapat Terus Menulis Setiap Hari di Blog

14 Mei 2024   20:06 Diperbarui: 15 Mei 2024   05:52 862 17 20

Inilah 3 kekuatan penting agar dapat terus menulis setiap hari di blog. Baik di blog pribadi maupun keroyokan seperti di kompasiana. Ketiga kekuatan itu akan Omjay jabarkan satu persatu dalam artikel kisah Omjay di bawah ini. Ingatlah selalu pesan Omjay di link youtube di bawah ini.

https://youtu.be/hy5v-_TQY_4

Jadilah blogger yang sadar dan bukan yang pingsan. Banyak blogger "pingsan" yang Omjay temui di dunia maya. Artinya banyak blogger saat ini yang sudah tidak lagi meng-update blognya. Bahkan sudah banyak yang lupa dengan username dan passwordnya. Kalau sudah begitu, masihkah anda mau disebut blogger?

Omjay di Hotel Santika BSD/dokpri
Omjay di Hotel Santika BSD/dokpri

Berikut ini adalah 3 tips penting agar anda memiliki kekuatan untuk terus menulis di blog setiap hari, yaitu:

Dengan banyak membaca tulisan orang lain, maka akan semakin banyak perbendaharaan kata yang anda miliki. Anda pun tak akan memiliki kebuntuan dalam menulis, sebab "stock" kata-kata atau persediaan kata dalam memori otak anda tersedia dengan sendirinya. Oleh karenanya, banyak membaca akan membuat anda memiliki kekuatan menulis. Apalagi menulis di blog yang dikelola sendiri. Sebab andalah penguasa tunggal blog anda sendiri. Kecuali, anda menulis di blog keroyokan kompasiana, karena ada admin yang mengawasi anda.

Dengan banyak berkunjung ke blog orang lain atau blog walking, kita akan banyak mendapatkan inspirasi untuk menulis sesuatu yang berbeda dari tulisan mereka. Kekuatan menulis kita menjadi bertambah, dan membuat kita menjadi semakin kreatif dalam menulis. Tentu saja semua itu harus dilakukan dan bukan hanya sekedar keinginan. Setiap diri kita memiliki potensi unik, dan kita sendirilah yang harus mampu mengembangkannya menjadi sesuatu yang menarik orang lain. Orang yang kreatif, biasanya unik dan menarik.

Dengan banyak berkomentar di blog orang lain, maka akan ada pesan yang disampaikan oleh pembaca kepada penulisnya. Biasakan berkomentar dengan terlebih dahulu membaca. Dengan demikian komentar yang dituliskan benar-benar memberikan manfaat buat penulisnya, dan kita sendiri sebagai pembaca tulisannya. Jangan dikira memberikan komentar itu mudah. Justru kita perlu berpikir juga dalam memberikan komentar yang pada akhirnya komentar itu menjadi postingan tersendiri. Itulah yang Omjay lakukan sehingga selalu punya kekuatan dalam menulis setiap hari.

Namun, selain ketiga kekuatan di atas, anda juga harus mempunyai kekuatan mental setebal baja, dan tidak baper atau bawa perasaan kalau ada orang yang tidak suka dengan tulisan anda. Mereka merasa anda melakukan promosi dan mengganggu mereka.

Jadi siapkan mental anda bila bertemu dengan orang-orang semacam itu. Mereka akan iri dengan kesuksesan anda, karena anda membawa perubahan dalam gerakan nasional literasi digital. Menjadi seorang blogger adalah praktik baik dari literasi digital.

Oleh karena itu, menulislah dari hatimu, dan niatkan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Omjay sendiri merasakan setelah niatnya benar, maka jangan kaget bila nama anda akan masuk jejeran teratas sebagai blogger yang mendapatkan penghargaan atau K-reward dari pengelola kompasiana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2