agus hendrawan
agus hendrawan Guru

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Puisi Harmoni Tersembunyi di Sudut Kota Jadi Lagu dengan Suno AI

1 Juli 2024   17:01 Diperbarui: 1 Juli 2024   17:04 379 11 6

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Pendahuluan

Dalam era digital saat ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka berbagai kemungkinan baru dalam dunia seni dan kreativitas. Salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah Suno AI, sebuah alat pembuat musik berbasis AI yang memungkinkan pengguna mengubah teks menjadi lagu. Saya telah mencoba Suno AI untuk mengubah puisi saya yang berjudul "Harmoni Tersembunyi di Sudut Kota" menjadi sebuah lagu, dan hasilnya sangat mengesankan. Artikel ini akan mengeksplorasi pengalaman tersebut, mengulas bagaimana Suno AI bekerja, dan dampaknya pada dunia seni.

Apa itu Suno AI?

Suno AI adalah platform generatif AI yang dirancang untuk menciptakan musik berdasarkan petunjuk teks. Diluncurkan pada Desember 2023, Suno AI menggunakan dua model utama, Bark dan Chirp, untuk menghasilkan lagu yang menggabungkan elemen vokal dan instrumental. Bark berfokus pada vokal, sementara Chirp menangani bagian instrumental. Alat ini dirancang untuk mendemokratisasi pembuatan musik, sehingga siapa saja, baik yang memiliki latar belakang musik maupun tidak, dapat menciptakan karya musik yang unik.

Proses Transformasi Puisi Menjadi Lagu

Menggunakan Suno AI untuk mengubah puisi menjadi lagu melibatkan beberapa langkah sederhana:

  1. Masukkan Teks: Pengguna memasukkan teks puisi ke dalam platform Suno AI.
  2. Pilih Gaya Musik: Pengguna dapat memilih gaya musik yang diinginkan, yang akan mempengaruhi bagaimana teks tersebut akan diinterpretasikan dalam bentuk lagu.
  3. Proses AI: Suno AI kemudian menggunakan model Bark dan Chirp untuk menghasilkan elemen vokal dan instrumental, menciptakan sebuah lagu berdasarkan teks yang dimasukkan.
  4. Hasil Akhir: Lagu yang dihasilkan dapat diunduh dan dibagikan, memberikan pengalaman baru yang menggabungkan puisi dan musik.

Pengalaman Pribadi: "Harmoni Tersembunyi di Sudut Kota"


Saya mencoba menggunakan Suno AI untuk mengubah puisi saya yang berjudul "Harmoni Tersembunyi di Sudut Kota" menjadi lagu. Hasilnya sangat mengesankan, menunjukkan potensi besar dari teknologi ini dalam mengubah karya sastra menjadi pengalaman musikal yang lebih kaya. Lagu yang dihasilkan tidak hanya menangkap esensi dari teks asli, tetapi juga menambahkan dimensi emosional dan artistik yang baru.

Dampak dan Potensi di Masa Depan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2