Isson Khairul
Isson Khairul Jurnalis

Saya memulai hidup ini dengan menulis puisi dan cerita pendek, kemudian jadi wartawan, jadi pengelola media massa, jadi creative writer untuk biro iklan, jadi konsultan media massa, dan jadi pengelola data center untuk riset berbasis media massa. Saya akan terus bekerja dan berkarya dengan sesungguh hati, sampai helaan nafas terakhir. Karena menurut saya, dengan bekerja, harga diri saya terjaga, saya bisa berbagi dengan orang lain, dan semua itu membuat hidup ini jadi terasa lebih berarti.

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Mudik ke Sumatera, Pemudik Bermotor Harus Lewat Ciwandan

14 April 2023   21:47 Diperbarui: 15 April 2023   12:56 2753 9 2


Waktu untuk mudik sudah dekat. Puasa tinggal beberapa hari lagi. Ini pesan penting untuk pemudik bermotor yang hendak mudik ke Pulau Sumatera. Tahun ini, untuk pertama kalinya, pemudik bermotor difasilitasi secara khusus melalui Pelabuhan Ciwandan, yang berada di Pulo Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Ciwandan untuk Pemudik Bermotor

Pemudik bermotor ke Sumatera, harus lewat Pelabuhan Ciwandan. Foto: Dok. Isson Khairul
Pemudik bermotor ke Sumatera, harus lewat Pelabuhan Ciwandan. Foto: Dok. Isson Khairul

Pemudik bermotor hanya dilayani di Pelabuhan Ciwandan. Sekali lagi, hanya di Ciwandan. Pelabuhan lain di Banten, tidak melayani pemudik bermotor. Kebijakan ini baru pertama kali diterapkan tahun 2023 ini.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan keamanan serta kenyamanan, khususnya kepada pemudik bermotor. Untuk itulah, hari Kamis, 13 April 2023 ini, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto beserta jajaran melakukan uji coba terhadap rute pemudik bermotor tersebut.

Uji coba tersebut untuk memastikan kesiapan jalur mudik yang dimaksud. Uji coba itu dimulai dari Polda Banten, di Kota Serang. Selain Polda Banten beserta jajaran, juga ada Gubernur Banten, Komandan Kodim, serta para pemangku kepentingan Provinsi Banten.

Semua mengendarai sepeda motor. Artinya, seluruh pemangku kepentingan di Banten, dengan sungguh-sungguh berupaya memberikan keamanan serta kenyamanan, khususnya kepada pemudik bermotor.

Di bawah cuaca terik, pada Kamis, 13 April 2023 ini, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memimpin uji coba rute tersebut, dari Polda Banten. Rombongan menyusuri jalanan, dengan tujuan pertama adalah Alun-Alun Kota Serang.

Di alun-alun tersebut, rombongan berhenti sejenak. Kapolda Banten di sana mengemukakan, jauh sebelumnya, personel Polda Banten telah melakukan pemetaan serta pemasangan rambu-rambu jalan, demi memudahkan perjalanan para pemudik bermotor.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan. Dari pencermatan saya yang mengikuti rombongan, kondisi jalan relatif baik. Di titik-titik tertentu, ada kepadatan lalu-lintas. Kapolda berpesan, pemudik harus ekstra hati-hati di jalan, agar selamat sampai di kampung halaman.

Karena, diprediksi, arus mudik para pemotor pada mudik tahun ini, jauh lebih padat dibanding tahun sebelumnya. Kepadatan tersebut tentu akan melelahkan pengendara. Karena itulah harus ekstra hati-hati, demi keselamatan bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2