bahrul ulum
bahrul ulum Freelancer

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Bilik Santri Zaman KH. Subhan Makmun Nyantri

24 Maret 2020   08:37 Diperbarui: 24 Maret 2020   08:34 26 4 1

Disinilah Bilik Santri Ponpes Batokan Kediri dengan Pengasuh KH. Jamal Batokan Kediri Jawa Timur. Sejak tahun 70an hingga sekarang masih sama belum ada perubahan bentuk. 

Disini juga para tokoh ulama yang duduk di PBNU Seperti KH. Subhan Makmun Rois Syuriah PBNU mondok pada tahun 1982, bersama dengan KH. Jaerukhi Alkhfidz Imam Besar Masjid Agung Brebes Jawa Tengah. Keduanya pernah satu kamar lantai 2. 

Ada juga KH. Amin Madura, ada lagi KH. Sayyid Hasan Ba'bud, seorang habib yang berasal dari Bulus, Purworejo , Jawa Tengah sekarang Pengasuh Pesantren Al Amin. 

Disebutkan di portal halaqoh.net Mbah Kiai Jamal Batokan Kediri adalah putra dari Kiai Fadil Batokan yang merupakan menantu Mbah Soleh Banjar Mlati. Dengan demikian, Kiai Jamal termasuk keponakan Mbah Kiai Abdul Karim Lirboyo Kediri. Nama lengkapnya adalah KH M Djamaluddin Fadhil, dan masyarakat lebih akrab dengan panggilan Mbah Kiai Jamal Batokan.

Penuturan KH. Subhan Makmun sebagai salah satu santrinya, kyai Jamal Batokan ini ahli nadzoman dan sangat tawadhu, sederhana dan senangnya naik sepeda onthel, bahkan dari Batokan hingga ke Lirboyo saja naik sepeda tua zaman masih hidupnya. 

Karena keikhlasannya mengajarkan ilmunya, sudah banyak santri-santrinya yang pernah ngaji sama beliau menjadi tokoh agama yang disegani di masyarakat baik karena ilmunya maupun karena tingkah lakunya. 

Bilik Santri Ponpes Batokan Kediri Jatim--dokpri
Bilik Santri Ponpes Batokan Kediri Jatim--dokpri