Lupin TheThird
Lupin TheThird Seniman

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Gundam Full Scale Bergerak di Pantai Yokohama

10 Oktober 2021   20:00 Diperbarui: 10 Oktober 2021   20:04 244 0 0

Dunia robot memang sudah akrab bagi orang Jepang sejak mereka masih kecil. 

Salah satu alasan, ada banyak sekali film dan animasi dengan tema robot. Bisa kita sebut beberapa diantaranya seperti Astro Boy (Tetsuwan Atom), Eightman, Majinga-Z, Macros, Metropolis, Ghost in the Shell, Evangelion, dan masih banyak lagi yang kalau saya tulis semua nanti jari saya bisa kram.

Sunset, Skycraper dan <a href=Gundam (dokpri)">
Sunset, Skycraper dan Gundam (dokpri)

Uniknya, orang Jepang tidak berhenti pada pembuatan animasi robot saja. Mereka berusaha mewujudkan impian banyak orang dengan membuat robot itu "hidup" di dunia nyata dengan ukuran besar/penuh (full scale).

Kalau dipikir-pikir, patung yang cuma sekadar besar sih bisa kita lihat di beberapa tempat di dunia. Akan tetapi yang bisa bergerak, hanya bisa Anda lihat dan nikmati di Jepang!


Saat ini Anda bisa juga melihat Gundam di depan gedung DiverCity Odaiba. Pada jam tertentu, ada iringan musik dan sajian di layar lebar, sehingga Anda bisa menikmati patung Gundam memancarkan cahaya bewarna-warni. Akan tetapi, Gundam di sana seperti patung lain, tidak bisa bergerak.

Gundam jenis Rx-78F00 yang dipasang di tempat bernama Gundam Factory Yokohama, bisa bergerak bukan hanya kepalanya saja. Bagian lain seperti badan, kaki, tangan, bahkan jari pun bisa bergerak loh!

Untuk bisa melihat Gundam berukuran 18 meter ini, Anda bisa naik kereta Minato Mirai Line dan turun di Stasiun Motomachi Chuukagai. Dari sini Anda tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit ke arah laut.

Duduk sambil minum kopi menikmati Gundam (dokpri)
Duduk sambil minum kopi menikmati Gundam (dokpri)

Di Area Gundam Factory Yokohama, Anda bisa melihat apa dan bagaimana, serta siapa saja yang terlibat dalam pembuatan proyek Gundam ini. Anda juga bisa melihat bagaimana mekanisme Gundam yang bisa bergerak dalam skala kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2