Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Guru

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Video | Megahnya Pesona Si Ratu Malam Wijaya Kusuma

2 Desember 2019   17:28 Diperbarui: 2 Desember 2019   17:29 53 13 9

Bunga Wijaya Kusuma. Photo by Ari
Bunga Wijaya Kusuma. Photo by Ari
Wijaya Kusuma bunga koleksi saya akhir-akhir ini rajin mekar. Dalam satu bulan bisa beberapa kali mekar. Kadang mekar 1, kadang dua, pun pernah 3. Rekor terbanyak mekar 7. Saya pernah mengabadikannya menjadi karya di Kompasiana. Anda bisa baca di link berikut Tujuh Kuntum Sekar Kusuma

Sebenernya di media sosial khususnya facebook saya, sudah beredar banyak rekaman video saat mekarnya bunga Wijaya kusuma. Namun saya baru sekali mengunggahnya di you tube. Anda bisa lihat video di atas.

Bunga Wijaya Kusuma ini terkenal dengan sebutan queen of the night atau si ratu malam. Sesuai nama bekennya, bunga ini mekarnya harus menunggu pada malam hari tepatnya menjelang dini hari. Sekitar pukul 22.00 WIB akan mulai mengembang kuncupnya. 

Wijaya Kusuma mekar penuh. Photo by Ari
Wijaya Kusuma mekar penuh. Photo by Ari

Tanda kalau bunga ini sudah mekar penuh, bagian kelopak bunganya tertarik ke belakang. Mahkota bunganya merekah sempurna. Jika Anda lihat video singkat di atas, anda akan melihat adanya benang sari yang sangat banyak dan ada satu putik yang mempunya kepala putik mirip bunga. Indah sekali. Apakah Anda menemukannya?

Bunga Wijaya Kusuma bagian putik dan benang sari. Photo by Ari
Bunga Wijaya Kusuma bagian putik dan benang sari. Photo by Ari

Dari bentuk benang sari dan putiknya, sungguh mirip dan malah bisa dibilang sama dengan putik dan benang sari pada bunga kaktus besar warna putih yang sempat saya tulis akhir pekan lalu. 

Bunga Wijaya kusuma ini termasuk golongan kaktus Epiphyllum. Coba Anda baca dan lihat foto bunga kaktus di artikel saya berikut ini

Indahnya-mekar-bunga-kaktus-hanya-bisa-dinikmati-di-pagi-hari

Saya sajikan satu ya gambar bunga kaktus besar koleksi di rumah. Coba Anda bandingkan dengan Wijaya Kusuma. 

Bunga Kaktus. Dokumen pribadi
Bunga Kaktus. Dokumen pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4