Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Guru

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Video | Megahnya Pesona Si Ratu Malam Wijaya Kusuma

2 Desember 2019   17:28 Diperbarui: 2 Desember 2019   17:29 53 13 9

Bunga Wijaya Kusuma. Photo by Ari
Bunga Wijaya Kusuma. Photo by Ari

Wijaya Kusuma bunga koleksi saya akhir-akhir ini rajin mekar. Dalam satu bulan bisa beberapa kali mekar. Kadang mekar 1, kadang dua, pun pernah 3. Rekor terbanyak mekar 7. Saya pernah mengabadikannya menjadi karya di Kompasiana. Anda bisa baca di link berikut Tujuh Kuntum Sekar Kusuma

Sebenernya di media sosial khususnya facebook saya, sudah beredar banyak rekaman video saat mekarnya bunga Wijaya kusuma. Namun saya baru sekali mengunggahnya di you tube. Anda bisa lihat video di atas.

Bunga Wijaya Kusuma ini terkenal dengan sebutan queen of the night atau si ratu malam. Sesuai nama bekennya, bunga ini mekarnya harus menunggu pada malam hari tepatnya menjelang dini hari. Sekitar pukul 22.00 WIB akan mulai mengembang kuncupnya. 

Wijaya Kusuma mekar penuh. Photo by Ari
Wijaya Kusuma mekar penuh. Photo by Ari

Tanda kalau bunga ini sudah mekar penuh, bagian kelopak bunganya tertarik ke belakang. Mahkota bunganya merekah sempurna. Jika Anda lihat video singkat di atas, anda akan melihat adanya benang sari yang sangat banyak dan ada satu putik yang mempunya kepala putik mirip bunga. Indah sekali. Apakah Anda menemukannya?

Bunga Wijaya Kusuma bagian putik dan benang sari. Photo by Ari
Bunga Wijaya Kusuma bagian putik dan benang sari. Photo by Ari

Dari bentuk benang sari dan putiknya, sungguh mirip dan malah bisa dibilang sama dengan putik dan benang sari pada bunga kaktus besar warna putih yang sempat saya tulis akhir pekan lalu. 

Bunga Wijaya kusuma ini termasuk golongan kaktus Epiphyllum. Coba Anda baca dan lihat foto bunga kaktus di artikel saya berikut ini

Indahnya-mekar-bunga-kaktus-hanya-bisa-dinikmati-di-pagi-hari

Saya sajikan satu ya gambar bunga kaktus besar koleksi di rumah. Coba Anda bandingkan dengan Wijaya Kusuma. 

Bunga Kaktus. Dokumen pribadi
Bunga Kaktus. Dokumen pribadi

Bagian benang sari dan putiknya sama persis bentuk dan warnanya. Hanya ukurannya saja yang lebih besar. Karena itu saya semoat masukkan bunga kaktus di atas dalam golongan Epiphyllum. 

Putik dan benang sari bunga wijaya kusuma. Photo by Ari
Putik dan benang sari bunga wijaya kusuma. Photo by Ari

Masa mekarnya kedua bunga ini  juga sangat singkat. Biasanya bunga Wijaya Kusuma sudah menutup lagi mahkotanya pada pagi hari. Setelah itu tidak mau mekar lagi. Jadi hanya mekar sekali, beberapa jam dan setelah itu menutup kembali, terus mengecil hingga mengering.

Jika beruntung, bunga Wijaya Kusuma bisa menghasilkan buah warna pink. Saya belum pernah lihat langsung. Bunga-bunga saya selalu latu dan gugur tidak pernah sampai menghasilkan buah. 

Bunga Wijaya Kusuma sisa mekar malam. Photo bya Ari
Bunga Wijaya Kusuma sisa mekar malam. Photo bya Ari

Pernah saya dapati bunga Wijaya Kusuma masih bisa difoto cantik pada pagi hari. Dengan sedikit trik foto, nampaklah bunga Wijaya Kusuma ini seolah masih mekar di pagi hari. Karena waktu itu saya tidak berkesempatan menikmati mekarnya di malam hari. 

Jenis bunga Wijaya Kusuma yang saya punya berbunga kecil. Ukurannya tidak sampai setengah telapak tangan saya. 

Wijaya kusuma. Photo by Ari
Wijaya kusuma. Photo by Ari

Aromanya semerbak ditebarkan oleh bunga ini. Entah berapa kali saya menulis artikel terinspirasi keindahan bunga ini. Bahkan pernah satu kali menjadi artikel utama. Silakan dibaca-baca ya buat Anda yang ingin berkebun bunga Wijaya Kusuma. 

bertanam-bunga-wijaya-kusuma

Bukan hanya itu, saya pernah juga menulis beberapa puisi berseri mengenai bunga Wijaya Kusuma. Sedemikian menginspirasinya bunga ini untuk saya.

Puisi-Puisi itu antara lain berjudul:

1. mekarmu-bangun-semangatku

2. di-setengah-mekarmu

3. telah-menutup-mekarmu

4. ternantikan-kini-mekarmu

5. menanti-mekarmu

Puisi ke 3, 4 dan 5 seperti satu serial mengenai prosesi mekarnya si ratu malam nan mempesona. 

Beberapa puisi tentang bunga wijaya kusuma. Dokumen pribadi
Beberapa puisi tentang bunga wijaya kusuma. Dokumen pribadi


Bunga ini sungguh menginspirasi saya untuk berkarya. Bagaimana dengan Anda? Adakah Anda pencinta bunga juga? Ataukah ada hal lain yang bisa menginspirasi Anda berulang kali untuk menulis? Saya tunggu kisah-kisah Anda ya.

Demikian kisah saya kali ini bersama Wijaya Kusuma. 

...


Written by Ari Budiyanti

2 Desember 2019


#Wijayakusuma

#Queen of the night

# TheCereus

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi