Ikrom Zain
Ikrom Zain Tutor

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Video Artikel Utama

Jalan Kaki dari Simpang Lima ke Stasiun Tawang, Penutup Akhir Tahun yang Menyedihkan di Kota Semarang

2 Januari 2023   09:47 Diperbarui: 2 Januari 2023   11:10 5368 24 15

Saya tidak akan pernah melupakan akhir tahun 2022 kemarin. Betapa tidak, rencana menutup tahun baru dengan liburan manis dan sampai ke kota tujuan dengan tepat waktu akhirnya gagal.

Pasalnya, kereta api yang saya naiki dari Semarang harus terlambat beberapa jam. Itu pun saya harus melewati berbagai rintangan sebelum sampai di Stasiun Tawang.

Semua bermula pada Sabtu (31/12/2022) dini hari. Hujan turun amat deras di Kota Semarang. Saya menikmati tidur malam menjelang subuh dan berharap hujan akan reda ketika matahari terbit. Sama dengan apa yang terjadi hari sebelumnya.

Kondisi jalanan Semarang saat banjir. - Dokumentasi pribadi

Hujan ternyata tak reda hingga subuh dan matahari terbit. Bahkan, air yang turun semakin deras. Begitu pula dengan angin kencang dan petir yang menyambar. Beberapa tamu yang ada di penginapan yang saya singgahi mulai was-was. Beberapa diantara mereka ada yang harus segera ke stasiun saat itu juga dan ada yang berencana jalan-jalan ke sekitar Bandungan.

Namun, jangankan keluar ke jalan raya, keluar dari penginapan saja susah karena air mulai merendam jalan kompleks tempat penginapan tersebut. Kebetulan, penginapan saya berada di belakang Mall Simpang Lima yang memang langganan banjir. Waktu pun terus berputar. Saya sudah punya firasat buruk bahwa Stasiun Tawang akan banjir.

Pesan kepada PT KAI pun saya kirim sejak pukul 6 pagi. Saya menanyakan kondisi stasiun Tawang dan perjalanan kereta api saat itu. Apakah normal atau ada kendala. Sejam belum juga dibalas.

Pada pukul 8 pagi, saya kembali mengirim pesan dan tak jua dibalas. Padahal, kereta Ambarawa Ekspres yang saya naiki sedianya akan berangkat pukul 12 siang. Mereka baru membalas pesan saya sekitar pukul 9 pagi lebih beberapa menit.

Dalam pesan tersebut, perjalanan kereta api tidak mengalami masalah. Hanya saja, akses menuju Stasiun Tawang banjir sehingga penumpang diimbau untuk datang lebih awal.

Pesan pada KAI. - Dokumentasi pribadi

Membaca pesan tersebut, saya pun bergegas keluar penginapan. Tujuan yang saya tuju pertama kali adalah Halte BRT di Simpang Lima. Namun, semua bus Trans Semarang sudah tak beroperasi karena tidak memungkinkan untuk jalan.