Isson Khairul
Isson Khairul Jurnalis

Saya memulai hidup ini dengan menulis puisi dan cerita pendek, kemudian jadi wartawan, jadi pengelola media massa, jadi creative writer untuk biro iklan, jadi konsultan media massa, dan jadi pengelola data center untuk riset berbasis media massa. Saya akan terus bekerja dan berkarya dengan sesungguh hati, sampai helaan nafas terakhir. Karena menurut saya, dengan bekerja, harga diri saya terjaga, saya bisa berbagi dengan orang lain, dan semua itu membuat hidup ini jadi terasa lebih berarti.

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Malam Anugerah Sastra 2024, Anugerah untuk Taufiq Ismail

14 Juni 2024   22:06 Diperbarui: 18 Juni 2024   15:17 1275 11 2


Malam Anugerah Sastra dan Kebudayaan 2024 untuk sastrawan Taufiq Ismail, segera digelar. Ini kolaborasi Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Catat waktunya: Selasa, 25 Juni 2024 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Taufiq Ismail 89 Tahun, Terus Berkarya

Taufiq Ismail tentulah sastrawan yang sama-sama kita hormati. Pada Selasa, 25 Juni 2024 nanti, usianya genap 89 tahun. Ia sangat patut kita catat, sebagai bagian penting dalam perjalanan sastra Indonesia. Kesehatannya masih terjaga dan senantiasa leluasa mengikuti perkembangan melalui gawainya.

Taufiq Ismail adalah juga deklamator yang baik. Ia masih kerap tampil membacakan puisi-puisinya. Vokalnya jernih, bertenaga. Artikulasinya jelas, melebihi artikulasi orang-orang seusianya. Dengan olah vokal yang baik, ia piawai menyajikan karyanya ke hadapan publik. Meski tidak menghentak-hentak secara fisik, tapi suaranya menggedor-gedor batin.

Malam Anugerah Sastra 2024 untuk Taufiq Ismail. Foto: Isson Khairul
Malam Anugerah Sastra 2024 untuk Taufiq Ismail. Foto: Isson Khairul

Pada Selasa, 25 Juni 2024 nanti, Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI) bersama Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta, akan menggelar Malam Anugerah Sastra dan Kebudayaan 2024 tersebut. Itu adalah malam anugerah untuk sastrawan Taufiq Ismail. Acaranya bakal digelar di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

Pada Jumat, 7 Juni 2024 lalu, Oktavianus Masheka selaku Ketua Umum Komunitas TISI, menyambangi Iwan Henry Wardhana, selaku Kepala Disbud DKI Jakarta. Di kesempatan itu, Oktavianus melaporkan tentang telah terselenggaranya Road Show to Taufiq Ismail, yang sudah digelar di 6 wilayah DKI Jakarta. Termasuk, di Kepulauan Seribu.

Road Show tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian menuju Anugerah Sastra dan Budaya 2024 untuk Taufiq Ismail. Road Show pertama digelar pada Sabtu, 16 Maret 2024, di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Road Show kedua digelar di Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat, pada Sabtu, 23 Maret 2024. Road Show ketiga digelar pada Sabtu, 6 April 2024 di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

Road Show keempat diadakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, pada Jumat, 19 April 2024. Road Show kelima diadakan di Museum Bahari, Jakarta Utara, pada Senin, 20 Mei 2024 lalu. Dan, Road Show keenam diadakan di Gedung Eks Wedana, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Taufiq Ismail, 60 Lagu Dinyanyikan Bimbo

Di tiap Road Show to Taufiq Ismail, sejumlah deklamator nasional membacakan karya-karya Taufiq Ismail. Deklamator nasional Jose Rizal Manua selalu tampil membacakan karya-karya sastrawan tersebut. Selain itu, Jose Rizal Manua sekaligus memberikan kesaksian, betapa sakti Taufiq Ismail dalam berkarya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2