Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Penulis

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Video Pilihan

Cerita di Balik Pelaksanaan Upacara Hari Guru

19 Mei 2024   05:30 Diperbarui: 19 Mei 2024   05:57 1306 11 4

Cerita di Balik Pelaksanaan Upacara Hari Guru


Hari Guru diperingati dengan upacara bendera di halaman depan kantor bupati Penajam Paser Utara (7/12/2023). Pelaksanaan upacara memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dokpri
Dokpri
Berhubung pada tanggal 25 November 2023 pengurus PGRI kabupaten masih mengikuti acara di kabupaten lain, pelaksanaan upacara bendera dimundurkan pada tanggal 7 Desember 2023.

Dokpri
Dokpri
Panitia bekerja keras demi kelancaran upacara yang diikuti para guru mulai jenjang sekolah paling rendah hingga jenjang paling tinggi. Pada saat para tamu undangan sudah berada di bawah tenda-duduk di kursi-barulah para peserta upacara dipersilakan berjalan kaki memasuki lapangan secara berkelompok diiringi musik.


Para kepala sekolah dan pengawas yang berada pada kursi tamu undangan memperhatikan para guru yang memasuki lapangan "agak menyimpang". Sebagian dari peserta tidak berjalan mengikuti rombongan atau pasukan di depan mereka.

Dokpri
Dokpri
Rupanya peserta yang "menyimpang" tersebut berusaha menghindari tanah yang becek di tengah lapangan. Sementara itu, panitia berusaha menertibkan para peserta upacara.

Dokpri
Dokpri

Meskipun lapangan sebagian ada yang becek atau berlumpur, pelaksanaan upacara dapat berjalan dengan lancar. Para peserta di lapangan dengan tertib mengikuti rangkaian acara Hari Guru tersebut.

Input sumber gambar
Input sumber gambar

Para petugas upacara juga dapat menjalankan tugas dengan lancar, tanpa hambatan yang berarti. Pakaian kebesaran seragam PGRI dikenakan sebagian besar peserta upacara.

Cerita setelah Upacara Selesai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2