Ikrom Zain
Ikrom Zain Tutor

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Video Artikel Utama

Trip Mudah dan Gratis ke Gua Maria dengan "Feeder" Teman Bus Batik Solo Trans

30 Juni 2022   17:19 Diperbarui: 30 Juni 2022   21:35 2114 0 0

Ilustrasi Dokumentasi Pribadi
Ilustrasi Dokumentasi Pribadi

Jika DKI Jakarta bisa dikatakan sebagai kota dengan integrasi transportasi terbaik se-Indonesia, maka saya bisa mengatakan Solo adalah runner-upnya.

Alasan ini saya kemukakan karena saya hampir tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk bepergian di kota ini. Semuanya nyaris saya bayar dengan Rp. 0 alias gratis. Saya hanya perlu membawa kartu e-money atau orang sering menyebutnya sebagai kartu tol untuk berputar-putar di Kota Solo.

Layanan Teman Bus Buy the Service yang Memudahkan

Keberuntungan saya ketika berlibur sekaligus urusan dinas di Solo karena sekarang layanan Teman Bus sudah hadir di kota ini. Layanan dari Kemenhub ini menyubsidi transportasi umum di beberapa kota sehingga para pekerja angkutan umum seperti sopir menjalankan kendaraannya sesuai SOP. Mereka tak lagi ngetem untuk menunggu penumpang.

Dampak yang dirasakan akan sangat besar. Masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran transportasi umum yang menjadi kebutuhan mereka. Para sopir tidak lagi pusing memikirkan setoran dan kesejahteraan mereka meningkat. Kemacetan pun bisa ditekan sehingga akan mengurangi hilangnya waktu selama perjalanan.

Solo menjadi salah satu kota yang paling saya suka terkait dengan layanan Teman Busnya. Lantaran, kota ini tidak hanya memiliki jaringan bus tetapi juga feeder atau pengumpan. Layanan ini merupakan layanan angkot yang dibuat sedemikian rupa sehingga pola operasionalnya sama dengan layanan bus BTS.

Feeder Batik Solo Trans (BST) -- begitu namanya -- akan melayani penumpang secara kontinyu. Sopir akan terus berjalan dan hanya berhenti di halte yang ditentukan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. 

Jika tidak ada penumpang yang turun atau naik, maka feeder BST hanya akan berhenti selama beberapa detik. Tak ada kamus ngetem atau molor seperti pada angkot konvensional.

Suasana di dalam <a href=feeder BST - Dokumentasi Pribadi">
Suasana di dalam feeder BST - Dokumentasi Pribadi

Tidak hanya itu, rute feeder BST menjangkau hampir seluruh wilayah Kota Solo. Layanan ini menjangkau jalan-jalan berukuran kecil yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti bus. feeder BST juga melalui beberapa tempat wisata di Kota Solo yang cukup populer. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5